Piala AFF U-19 2022: Fokus ke Laga Kedua, Timnas Indonesia U-19 Pantang Meremehkan Brunei

Timnas Indonesia U-19 harus puas berbagi poin dengan Vietnam setelah bermain imbang tanpa gol dalam laga pertamanya di Grup A Piala AFF U-19 2022, Sabtu (2/7/2022) malam WIB. Kini tim asuhan Shin Tae-yong itu langsung fokus mempersiapkan diri menghadapi Brunei Darussalam pada laga kedua yang digelar pada Senin (4/7/2022) malam WIB.

Timnas Indonesia U-19 bermain cukup mendominasi jalannya laga ketika menghadapi Vietnam di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu malam.

Sayangnya, sejumlah peluang yang berhasil didapatkan oleh Marselino Ferdinan dkk. masih tak mampu mengoyak jala gawang Vietnam.

Hasilnya, Tim Garuda Muda harus puas berbagi poin karena tak satu pun gol tercipta dalam laga kontra Vietnam itu. Timnas Indonesia U-19 pun kini berada di peringkat keempat Grup A Piala AFF U-19 2022 dengan satu poin.

Timnas Indonesia U-19 terpaut dua poin di belakang Myanmar dan Thailand yang menang dalam laga pertama mereka, dan berada di dua posisi teratas dalam Grup A Piala AFF U-19 2022.

Tak menunggu lama, tim asuhan Shin Tae-yong itu pun langsung mengalihkan fokus ke pertandingan kedua.

Langsung Bersiap Hadapi Brunei

Timnas Indonesia U-19 bakal menghadapi Brunei Darussalam dalam laga keduanya di Grup A Piala AFF U-19 2022. Pertandingan tersebut bakal digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Senin (4/7/2022) malam WIB.

Laga kedua di Grup A Piala AFF U-19 2022 ini merupakan momentum bagi Timnas Indonesia U-19 untuk tak hanya meraih kemenangan, tapi juga mendapatkan pundi-pundi gol, sesuatu yang sukses membuat Myanmar kini berada di puncak klasemen sementara.

Myanmar menang telak 7-0 atas Brunei Darussalam di laga pertama mereka di Grup A Piala AFF U-19 2022. Kemenangan telak yang didapatkan oleh Myanmar ini tentu harus bisa menjadi sebuah motivasi bagi Marselino Ferdinan dkk. untuk meraih tiga poin pertama.

Pantang Meremehkan

Meski Brunei Darussalam berpotensi menjadi bulan-bulanan Timnas Indonesia U-19, tentu saja ada baiknya para pemain dari Tim Garuda Muda tidak memandang remeh lawan kedua mereka di Piala AFF U-19 2022 itu.

Hal tersebut juga diungkapkan oleh Shin Tae-yong. Menurutnya banyak yang harus disiapkan untuk menghadapi Brunei yang baru saja mengalami kekalahan telak dari Myanmar.

“Memang Brunei kalah besar hari ini, sementara kami imbang. Jadi kami memang harus berpikir mengenai segala sesuatunya, mengenai banyak gol atau tidak. Kami akan mempersiapkan strategi dan starting XI yang tepat untuk melawan Brunei,” ujar Shin Tae-yong.

Fokus Persiapan Sendiri

Mendukung pernyataan Shin Tae-yong, gelandang Timnas Indonesia U-19, Marselino Ferdinan, juga menegaskan bahwa Brunei Darussalam bukanlah tim yang bisa begitu saja dipandang sebelah mata.

Menurutnya, Tim Garuda Muda perlu memastikan diri untuk fokus terhadap persiapan diri sendiri ketimbang hasil pertandingan dan performa yang diperlihatkan oleh Brunei.

“Saya menyampaikan kepada teman-teman untuk tetap fokus kepada tim sendiri, tetap melaksanakan strategi dari Coach Shin, dan tidak meremehkan siapa pun lawan di grup ini,” ujar Marselino.

“Untuk lolos dari fase grup, saya merasa kami mampu jika bisa bekerja keras dan memiliki motivasi yang tinggi,” tegas pemain muda yang juga sudah mendapatkan debut bersama Timnas Indonesia senior itu.

Jadwal Grup A Piala AFF U-19 2022 Selanjutnya

4 Juli 2022

15.00 WIB – Vietnam vs Filipina (Stadion Madya, Jakarta)

17.00 WIB – Myanmar vs Thailand (Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi)

20.00 WIB – Timnas Indonesia U-19 v Brunei (Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi) (bola.com)