Pelatih Persib Mengaku Trio Timnas Belum Terkoneksi dengan Pemain Lain

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, tampaknya akan berbenah usai tersingkir di babak perempat final Piala Presiden 2022 oleh PSS Sleman, Jumat (1/7/2022).

Robert Rene Alberts sebut permainan Persib Bandung tak menarik sehingga tak bisa membuat peluang di babak pertama laga Piala Presiden 2022 tersebut.

Pelatih asal Belanda itu pun bertekad membenahi performa kurang apik saat Liga 1 2022-2023 bergulir.

Salah satu yang jadi perhatian adalah koneksi tiga pemain Timnas Indonesia yang baru datang, Marc Klok, Ricky Kambuaya, dan Rachmat Irianto, dengan para pemain lain.

Para pemain Persib terlihat kebingungan pada beberapa momen dan tampak melempar tanggung jawab dalam melancarkan serangan.

Menurut Alberts, situasi ini tidak boleh terjadi ketika Persib bermain di Liga 1.

“Untuk Ricky dan Irianto saya rasa mereka berkontribusi, kualitas dari mereka cukup bagus ditambah Marc seperti yang kita semua tahu selalu memberikan kontribusi,” kata Robert.

“Namun, mereka memang tidak terlalu terkoneksi (dengan pemain lain) karena baru melakukan latihan beberapa kali saja,” lanjut Robert memaklumi.

Salah satu alasannya adalah karena ketiga pemain tersebut baru memulai latihan pramusim empat kali, jelang pertandingan perempat final dimulai.

Hal ini menjadi pekerjaan rumah bagi Robert sebagai pelatih kepala, bagaimana ia bisa membangun sistem permainan yang semua pemain telah mengerti tujuannya satu sama lain.

“Seharusnya, mereka bisa lebih bergerak bersama-sama sebagai sebuah tim, apalagi seperti yang saya sampaikan, kami memiliki banyak pemain cedera,” paparnya.

Setelah tersingkir dari Piala Presiden 2022, kini tujuan Persib mengarah kepada kompetisi. Rencananya Liga 1 2022-2023 akan dimulai akhir Juli ini.

“Kini, kami mulai fokus ke liga. Jika lolos ke babak semi final dan final, artinya kami akan memainkan empat pertandingan dalam waktu 10 hari saja. Belum ditambah waktu di perjalanan,” urai Robert.

Selain mempersiapkan tim secara teknis, Robert ingin memberikan waktu pemulihan yang lebih intensif kepada Nick Kuipers dan David da Silva tanpa memikirkan pertandingan.

Kedua pemain itu cedera saat berlangsungnya turnamen Piala Presiden 2022.

Begitu pula Ciro Alves dan Victor Igbonefo, yang masing-masing mengalami patah tulang bahu dan pipi ketika jalani pertandingan di fase grup.

“Kami punya lima pemain yang mengalami cedera berat. Diharapkan ini memberi waktu bagi mereka untuk memulihkan diri, apalagi mereka adalah pemain kunci tim kami seperti Nick, David, Ciro, Teja juga sudah perlahan kembali ke sesi latihan,” beber Robert.

“Sedangkan, Victor masih harus menepi dalam waktu lama. Setidaknya ini memberi mereka kesempatan untuk pulih dan kami mulai melakukan persiapan sekarang,” katanya.