Pelatih Berlisensi A AFC Segera Diresmikan Persipura Jayapura

Ricky Nelson bakal diresmikan sebagai pelatih anyar klub sepak bola Papua, Persipura Jayapura, dalam waktu dekat. Pria berdarah Kupang itu sudah tiba di Kota Jayapura sejak Sabtu (02/07/22) kemarin.

Pemilik akademi sepak bola Ricky Nelson Academy (RNA) itu akan segera diperkenalkan sebagai pelatih anyar oleh manajemen Persipura menjelang bergulirnya kompetisi Liga 2. Ia sedang menunggu manajer klub, Yan Permenas Mandenas.

Ricky Nelson mengaku akan diperkenalkan oleh manajemen tim Mutiara Hitam melalui konferensi pers dalam waktu dekat.

“Iya, saya baru tiba di Jayapura kemarin pagi. (soal perkenalan sebagai pelatih baru) Nanti ada undangan kita akan menggelar konferensi pers,” kata Ricky kepada awak media olahraga INDOSPORT.com, Minggu (03/07/22).

“Saya masih menunggu perintah dari Pak manajer, rencana tanda tangan juga masih menunggu,” sambung pelatih berlisensi A AFC itu.

Sebelumnya, pendiri klub Serpong City itu sendiri sudah membocorkan jika dirinya akan diperkenalkan sebagai pelatih anyar Persipura pada akhir Juni.

Namun rencana tersebut sempat tertunda karena manajemen Persipura Jayapura sedang sibuk mencari sponsor.

Ricky Nelson diproyeksikan untuk menjadi suksesor pelatih asal Argentina, Angel Alfredo Vera, pasca terdegradasinya Persipura ke Liga 2.

Ricky Nelson selangkah lagi akan menukangi Persipura Jayapura menjelang bergulirnya kompetisi Liga 2 musim depan.

Pelatih kelahiran Kupang, Nusa Tenggara Timur itu sudah berkomunikasi intens dengan manajemen Persipura, sejak berapa waktu lalu.

Pelatih yang pernah membesut Borneo FC pada Liga 1 musim 2017 itu hanya tinggal merampungkan kesepakatan akhir dan tanda tangan kontrak.

Ia mengaku ada alasan tersendiri yang membuatnya tertarik untuk melatih Persipura Jayapura.

Meski ia sadar ada tekanan berat yang akan dihadapi, namun baginya itu menjadi sebuah tantangan. Ia ingin menjadi bagian dari sejarah baru klub berjulukan Mutiara Hitam.

“Tekanan itu pasti ada, tapi itu menjadi tantangan tersendiri bagi saya, karena saya ingin menjadi bagian dari sejarah menaikkan kembali Persipura ke Liga 1,” katanya kepada awak media INDOSPORT.com, beberapa waktu lalu.

Ricky Nelson ingin membawa kembali Persipura ke tempat semestinya, yakni kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

“Karena memang Persipura tempatnya bukan di Liga 2 tapi di Liga 1,” ujarnya.

Pada musim lalu, eks pelatih tim PON Nusa Tenggara Timur itu sempat melatih Sulut United di Liga 2. Ia berhasil mengantarkan tim berjulukan Garango Utara itu ke babak 8 besar.