Shin Tae-Yong Kritik Jadwal Padat Piala AFF U-19

Pelatih timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong mengkritik jadwal Piala AFF U-19. Ia menyatakan skedul ajang tersebut terlalu padat sehingga menguras tenaga anak asuhnya.

Vietnam menjadi lawan pertama yang dihadapi timnas Indonesia U-19 pada Grup A Piala AFF U-19. Pertandingan tersebut dilangsungkan di Stadion Patriot, Sabtu (2/7).

Setelah itu, timnas Indonesia U-19 melawan Brunei Darussalam, Senin (4/7), lalu bertempur dengan Thailand, Rabu (6/7). Dua hari kemudian skuad Garuda Muda menghadapi Filipina, dan terakhir kontra Myanmar, Minggu (10/7).

“Untuk pemain pasti lelah dan sulit. Tapi, periode turnamen memang singkat dan mau tidak mau harus dipaksakan. Mungkin untuk turnamen AFF berikutnya, harus ada jeda dua atau tiga hari di setiap pertandingan,” kata Tae-yong.

Kendati demikian, Tae-yong menegaskan timnas Indonesia U-19 siap menghadapi Piala AFF U-19. Menurutnya, semua pemain sudah berjuang agar tampil maksimal dalam ajang tersebut.

Sebanyak 23 nama telah ditetapkan Tae-yong untuk membela timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19. Sebelum dipilih para pemain tersebut menunjukkan kemampuannya dalam pemusatan latihan (TC).

“Mulai dari 20 [Juni] kami sudah pemusatan latihan. Persiapan kami 10 hari, tapi memang tidak ada informasi soal lawan. Meski begitu, semua pemain sudah siap. Mereka akan bekerja keras dan maksimal untuk dapat hasil yang baik,” ujarnya.

Selain itu, Tae-yong menyebutkan juara merupakan target yang dipatoknya pada Piala AFF U-19. Hal ini sesuai dengan permintaan yang diberikan PSSI.

“Tetapi ini usia-usia masih muda dan setiap bulannya performa setiap pemain bisa berubah. Usia-usia segitu memang seperti itu, jadi terlalu menekan juga buat pemain itu bisa jadi beban, sehingga tidak bisa menunjukkan performa terbaik,” ucapnya.