Profil Pelatih Timnas Vietnam U-19: Bukan Park Hang-seo, Ini Lawan Shin Tae-yong di Piala AFF U-19

Timnas Indonesia U-19 mengincar tiga angka penuh saat menghadapi Vietnam pada laga perdana Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (2/7/2022) malam WIB.

Mendengar kata Timnas Vietnam, publik Tanah Air tentu bakal mengaitkan laga nanti dengan perseteruan antarkedua pelatih, Shin Tae-yong dan Park Hang-seo. Dua pelatih itu seperti terlibat adu gengsi untuk menentukan pelatih Korea Selatan terbaik di Asia Tenggara.

Tetapi di Piala AFF U-19 2022, tak akan ada Park Hang-seo di sisi lapangan. Vietnam menugaskan Dinh The Nam untuk mengawal perjalanan The Golden Star di Indonesia.

Walaupun bukan rival abadinya, Shin Tae-yong tentu tak boleh menganggap remeh lawan yang akan dihadapinya ini. Dinh The Nam memiliki sejumlah pencapaian yang terbilang mentereng.

Siapa sebenarnya sosok Dinh The Nam? Mengapa federasi sepakbola Vietnam (VFF) berani memercayakan para pemain masa depan Timnas Vietnam kepadanya? Berikut ini profil sang pelatih.

Tembus Perempat-Final Piala Asia U-16

Kepiawaiannya dalam meracik tim akhirnya membuat federasi Vietnam (VFF) kepincut. Kesempatan itu pun tak disia-siakan dengan menghadirkan pencapaian yang cukup prestisius.

Dinh The Nam berhasil membawa anak asuhnya menembus perempat-final Piala Asia U-16 pada 2016. Mereka berada di peringkat kedua babak grup di bawah Jepang setelah mampu menaklukkan Australia dan Kirgiztan.

Tetapi, langkah Vietnam terhenti dengan sangat memalukan. Mereka kelabakan menghadapi Iran yang sukses menjaringkan lima gol ke gawang mereka tanpa balas.

Eks Penggawa Timnas Vietnam

Pelatih berusia 57 tahun itu bukan sosok sembarangan di sepak bola Vietnam. Dinh The Nam merupakan satu di antara pesepak bola sukses di era 1980-an akhir dan 1990-an awal.

Sepanjang karier profesionalnya, hanya ada tiga tim yang pernah dibelanya yakni Army Air Defense Team, Army Club (The Cong), hingga Hai Phong Police Team.

Ia juga ambil bagian di Tinas Vietnam pada ajang SEA Games 1991 (Filipina) dan 1993 (Singapura).

Seperti kacang yang tak lupa kulitnya, Dinh The Nam memilih mengabdi di kampung halamannya, Hai Phong setelah gantung sepatu. Di sana, ia berhasil memberikan gelar Piala Nasional pada 2005.

Namun, prestasi tertingginya terjadi setahun berselang. Hai Phong berhasil promosi ke V-League 2006/07 berkat kepintarannya sebagai arsitek tim.

Jadwal Pertandingan:
Piala AFF U-19 – Vietnam Vs Timnas Indonesia

Sabtu, 2 Juli 2022

Vietnam Vs Timnas Indonesia U-19

Venue: Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi
Kick-off: 20.30 WIB
Siaran Langsung: Indosiar
Live Streaming: Vidio

Pembagian Grup:

Grup A

Indonesia
Myanmar
Vietnam
Thailand
Brunei Darussalam
Filipina

Grup B

Malaysia
Laos
Timor Leste
Kamboja
Singapura