Terkuak Alasan PSSI Mengajukan Indonesia Tuan Rumah Piala Asia 2023

PSSI dikabarkan mengajukan diri ke AFC untuk Indonesia menjadi tuan rumah Piala Asia 2023, Selasa (28/06/22). Kabar mengenai PSSI mengajukan diri menjadi tuan rumah dikabarkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

Amali selaku perwakilan pemerintah pun mendorong penuh akan keinginan PSSI untuk Indonesia menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Zainudin Amali pun menilai PSSI memiliki alasan kuat mengapa maju mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2023.

“Karena ini kesempatan yang bagus buat kita menjadi peserta sekaligus menjadi tuan rumah,” ucap Zainudin Amali.

“Jadi kita bukan tuan rumah lalu jadi peserta, tetapi kita menjadi peserta dan syukur-syukur kita menjadi tuan rumah,” tambah Amali.

Amali juga menambahkan mengapa akhirnya pemerintah memberikan lampu hijau kepada PSSI untuk maju mencalonkan diri sebagai tuan rumah. Sebab memang pelaksanaan Piala Asia dilakukan selepas perhelatan Piala Dunia U-20 yang juga berlangsung di Indonesia.

“Mengapa akhirnya disetujui karena pelaksanaannya tidak terlalu jauh dari pelaksanaan World Cup U-20.”

“Kalau World Cup kan jadwalnya 20 Mei sampai 11 Juni, Nah Piala Asia itu Juli,” beber Amali.

“Jadi kita dalam keadaan yang siap, infrastruktur masih ada lalu SDM juga masih ada sehingga tidak terlalu sulit kita melaksanakan itu,” tutup Amali.

Timnas Indonesia memang dipastikan lolos ke putaran grup Piala Asia 2023. Skuat Garuda lolos dengan predikat runner-up grup A dan mendampingi Yordania yang sebagai juara grup.

Sebelumnya, gelaran Piala Asia 2023 direncanakan berlangsung di China. Namun China mengundurkan diri lantaran masih fokus pada penanganan pandemi Covid-19.

AFC lalu menawarkan kesempatan pada 24 negara yang telah lolos ke Piala AFC untuk mengajukan diri jadi tuan rumah. Sejumlah negara pun maju mengajukan diri seperti Jepang, Korea Selatan, Australia, dan juga Qatar yang merupakan tuan rumah Piala Dunia 2022.