Stefano Cugurra Ungkap Masalah Bali United Jelang Laga Melawan Kaya FC Iloilo di Piala AFC 2022

Bali United menghadapi situasi sulit pascakalah dari wakil Kamboja di Piala AFC 2022, Visakha FC, Senin (27/6/2022).

Kekalahan dengan skor telak 2-5 membuat peluang Bali United untuk bisa melaju ke babak semifinal zona ASEAN menjadi mengecil.

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra, menilai bahwa kekalahan di dalam sebuah pertandingan sepak bola merupakan sesuatu yang wajar.

Namun ia memberi catatan bahwa kekalahan dengan skor besar membuat kepercayaan diri pemain menjadi berkurang.

“Tentu saja itu sangat sulit. Ketika kalah dengan banyak gol tentu saja itu sangat berat,” kata Stefano Cugurra, dikutip dari laman klub.

“Namun, dalam sepak bola semuanya bisa terjadi. Jadi tentu saja kami tidak menginginkan untuk mendapat kekalahan seperti hari ini (kemarin),” ia menambahkan.

Walau peluang tim berjuluk Serdadu Tridatu untuk bisa melaju ke babak semifinal Piala AFC 2022 zona ASEAN cukup tipis, Stafano Cugurra ingin timnya tetap semangat.

Peluang sekecil apapun bakal mereka manfaatkan untuk bisa lolos ke babak selanjutnya. Stafano Cugurra pun berjanji skuad Bali United bakal habis-habisan melawan Kaya FC Iloilo.

Tandukan Leonard Tupamahu masih melambung di atas mistar gawang pada pertandingan perdana Grup G Piala AFC 2022 antara Bali United versus Kedah Darul Aman di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Jumat (24/6/2022).

Tandukan Leonard Tupamahu masih melambung di atas mistar gawang pada pertandingan perdana Grup G Piala AFC 2022 antara Bali United versus Kedah Darul Aman di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Jumat (24/6/2022). DOK Bali United

“Jadi, apapun bisa terjadi dan kami harus tetap semangat sehingga mampu bermain baik di laga terakhir,” ujar Stefano Cugurra.

“Lihat apa yang akan terjadi di pertandingan ke depan. Kami akan bekerja keras dan bermain baik untuk lolos, serta menghibur suporter,” ia menambahkan.

Di tengah upaya memompa semangat dan motivasi pemainnya, pelatih yang akrab disapa Teco itu juga menghadapi masalah kebugaran pemain.

Jadwal padat di Piala AFC 2022 membuat beberapa pemain Bali United bermain di bawah performanya.

Teco pun harus berpikir dalam menentukan pemain inti yang bakal ia turunkan di laga melawan Kaya FC Iloilo. Ia memastikan hanya pemain yang dalam kondisi prima yang akan diturunkan.

“Masalahnya sekarang adalah waktu kompetisi yang mepet, dalam seminggu kami bermain tiga pertandingan,” ucap Teco.

“Saya tentu harus melihat pemain yang lebih fit untuk bermain lagi. Jika mereka memiliki kualitas tetapi tidak bugar, maka mereka tidak bisa bermain baik,” ia menegaskan.