Permalukan Bali United, Pelatih Visakha FC: Bukti Sepakbola Kamboja Berkembang

Pelatih Visakha FC, Meas Channa mengatakan bahwa kemenangan meyakinkan timnya 5-2 atas Bali United dalam laga kedua Grup G Piala AFC 2022 adalah bukti bahwa sepakbola Kamboja semakin berkembang.

Bali United, sebagai juara Liga 1 Indonesia, di luar dugaan harus mengalami kekalahan memalukan, Senin (27/6) kemarin, saat menjamu wakil Kamboja tersebut di Stadion Kapten I Wayan Dipta.

Kemenangan telak tersebut membuat Visakha tinggal selangkah lagi lolos ke semi-final Piala AFC zona ASEAN. Sebaliknya, bagi Bali United, kekalahan itu membuat peluang mereka untuk bisa melaju dari fase grup sangat tipis.

Apa kata pelatih Visakha soal kemenangan atas Bali United?

Visakha menunjukkan mentalitas kuat mereka hingga bisa meraih kemenangan. Sempat tertinggal lewat gol Irfan Jaya, anak asuh Channa tetap tenang dan berhasil membalikkan keadaan.

“Ini adalah tanda bahwa sepakbola Kamboja sedang berkembang,” klaim Channa seperti dilansir situs resmi AFC.

“Saya pikir kemenangan hari ini mewakili Kamboja dan kami telah menunjukkan [kualitas] sepakbola Kamboja ke negara-negara Asia lainnya.”

“Saya menghargai kerja keras para pemain untuk pertandingan ini. Kerja keras terbayar saat kami menekan beberapa pemain kunci Bali, dan ini adalah salah satu alasan mengapa kami menang.”

Di ambang mencetak sejarah bagi Kamboja

Selepas melibas Bali United, Visakha menjadi pemuncak klasemen Grup G, dengan enam poin sempurna dari dua penampilan usai sebelumnya juga menang atas klub Filipina, Kaya FC di laga pertama.

Tak cuma menjadi tim pertama dari negara Asia Tenggara yang mengklaim kemenangan berturut-turut di Piala AFC tahun ini, Visakha juga tinggal menghindar dari kekalahan lawan wakil Malaysia, Kedah Darul Aman untuk mengamankan posisi puncak dan menjadi klub Kamboja pertama yang lolos ke fase gugur.