Faktor-faktor yang Buat Ricky Kambuaya Bisa Adaptasi Cepat di Persib

Suasana baru yang terasa tidak asing bagi Ricky Kambuaya.

Gelandang anyar Persib Bandung ini baru memulai hari pertama latihan di bawah arahan pelatih Robert Alberts, Selasa (28/6/2022) di Lapangan Soccer Republic Bandung.

Kambuaya cukup disambut hangat oleh pemain Persib lainnya. Ia merasa senang mendapat dukungan dari teman satu tim hingga mebuatnya bisa bersemangat dan termotivasi.

Sebelumnya, Kambuaya tidak bisa mengikuti latihan pramusim Persib karena membela Timnas Indonesia dalam dua ajang bergengsi. Mulai dari SEA Games Vietnam 2022 (2022), hingga Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait.

“Saya baru pertama kali berlatih di sini tapi tidak merasa asing. Saya bertemu teman-teman di Persib Bandung dan disambut baik oleh semua pemain,” ungkap Kambuaya.

“Jadi, saya merasa senang. Ini dukungan dan menjadi motivasi, tentunya ini membuat saya sangat bersemangat,” kesannya.

Disamping itu, Kambuaya tampaknya tidak akan menemukan banyak kendala dalam beradaptasi di Persib. Beberapa faktor mempengaruhi, salah satunya karena kehadiran Rachmat Irianto, rekan duet lini tengah ketika bermain di Persebaya, sekaligus di tim nasional.

Ditambah hadirnya Marc Klok yang merupakan rekan se-kompatriotnya di Timnas Indonesia arahan Shin Tae-yong. Ya, ketiganya saling bahu membahu meloloskan Indonesia ke putaran final Piala Asia 2023.

Menurut Kambuaya, kondisi itu bisa membantunya beradaptasi dengan baik dalam sistem permainan yang akan dijalankan Robert Alberts. Chemistry antar ketiganya sudah mulai dijalin selama di timnas.

“Ya itu sangat membantu (adaptasi). Kita di timnas, sudah main bersama, sudah saling tahu, ini sangat membantu saya di klub,” tanggapnya.

Target pemain asal Sorong Papua ini cukup jelas di hadapannya. Ia hanya ingin fokus mempersiapkan diri dari satu pertandingan ke pertandingan lainnya.

Kambuaya ingin berkontribusi besar di setiap laga membantu tim meraih kemenangan demi kemenangnan. Dengan cara berpikirnya seperti demikian, perlahan pasti prestasi akan dicapai.

“Kalau saya bicara target, jujur, target saya ada di setiap pertandingan. Target pribadi saya memberikan yang terbaik di setiap pertandingan,” sebut Kambuaya.

“Otomatis jika saya bisa memberikan yang terbaik di setiap pertandingan, saya bisa main bagus. Jika bisa hasil bagus, kita bisa berprestasi,” tuturnya.

Musim lalu (2021-2022), Persib harus puas mengakhiri musim di posisi kedua di bawah sang juara Bali United. Perjuangan Maung Bandung saat itu dapat perhatian Kambuaya.

Ia bertekad membawa Persib berprestasi jadi juara di musim baru (2022-2023) dengan sumbangsihnya, menerapkan target demi target di setiap pertandingan.

“Persib kemarin runner up di Liga. Tentunya tahun depan kita harus lebih baik. Itu harus menjadi target kita semua,” tandas Kambuaya.