Indonesia Didukung Pemerintah Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Indonesia dipastikan akan maju dalam pencalonan menjadi tuan rumah Piala Asia 2023, demikian konfirmasi PSSI.

Seperti diketahui, Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) belum menentukan tuan rumah untuk turnamen edisi tahun depan tersebut setelah Tiongkok mengundurkan diri bulan lalu karena alasan pandemi COVID-19.

Indonesia sendiri sempat mengajukan diri bersama dengan India, Thailand dan Korea Selatan sebelum terpilihnya Tiongkok.

Apa kata PSSI & pemerintah Indonesia?

Kesempatan untuk mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2023 sempat akan dilewatkan oleh Indonesia, pasalnya pada tahun yang sama ada gelaran Piala Dunia U-20 di tanah air yang jadwalnya berdekatan.

Hanya saja, setelah setelah berkoordinasi dengan pemerintah, PSSI melalui ketua umum Mochamad Iriawan memutuskan maju dalam pencalonan.

“Setelah PSSI berkoordinasi dengan pemerintah dalam hal ini Kemenpora, akhirnya PSSI resmi mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023,” kata Iriawan seperti dirilis laman resmi PSSI, Selasa (28/2).

“PSSI pun mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dalam hal ini Menpora Zainudin Amali yang telah mendukung rencana ini.”

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali juga menegaskan telah memberi lampu hijau bagi PSSI untuk mengajukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Asia.

“Ada permohonan dari PSSI untuk jadi tuan rumah Piala Asia. Pemerintah sudah setuju dan mempersilakan jadi tuan rumah,” kata Zainudin.

“Hasilnya seperti apa [dilihat nanti], karena Korea [Selatan], Jepang, dan Australia juga mengajukan. Kita mendukung PSSI jika mau jadi tuan rumah.”

Bersaing dengan tiga negara papan atas

Selain Indonesia, ada tiga negara yang menyatakan minat dan mengajukan diri dalam tahap kedua pencalonan sebagai tuan rumah Piala Asia tahun depan, yakni Korea Selatan, Jepang dan Australia.

Secara infrastruktur, bisa dikatakan Indonesia masih kalah dari ketiga negara top tersebut. Hanya saja, animo penonton tanah air yang bisa menjamin meriahnya turnamen bisa menjadi pertimbangan tersendiri bagi AFC.

Indonesia pernah menjadi tuan rumah, hanya saja waktu itu statusnya bersama dengan Malaysia, Thailand dan Vietnam pada 2007. Sementara Australia masih relatif baru karena pernah menyelenggarakan Piala Asia pada 2015.

Jepang pernah menggelar edisi 1992, sedangkan Korea Selatan yang paling lama karena terakhir kali mereka menjadi tuan rumah adalah pada 1960.