Sikat Tampines Rovers, PSM Makassar Buka Peluang Ke Semi-Final Zona ASEAN

PSM Makassar berada di atas angin untuk lolos ke semi-final zona ASEAN Piala AFC 2022 setelah mencatat kemenangan 3-1 atas wakil Singapura Tampines Rovers yang bermain dengan sepuluh orang pada matchday kedua Grup H di Stadion KLFA, Senin (27/6) malam WIB.

Hasil ini membuat PSM kini mengumpulkan nilai empat, unggul tiga angka dari Kuala Lumpur City FC, dan empat poin dari Tampines Rovers. Namun mereka masih menunggu hasil pertandingan terakhir antara KL City dan Tampines Rovers, Kamis (30/6), untuk penentuan lolos dari fase grup sebagai pemuncak klasemen.

PSM yang menyimpan M Arfan, Everton Nascimento, dan Yakob Sayuri di bangku cadangan memperlihatkan permainan terbuka. Di lain sisi, Tampines Rovers pun memeragakan skema serupa, sehingga laga berjalan cukup menarik.

Kendati demikian, tidak banyak peluang yang mampu diciptakan kedua tim. Hal itu disebabkan bola lebih sering berkutat di lini tengah. Sekalipun ada peluang, tidak terlalu membahayakan bagi kedua tim.

Tampines Rovers akhirnya bersorak kegirangan ketika mereka berhasil membuka keunggulan lebih dulu di menit ke-29. Bola tendangan Yasir Hanapi yang coba dihalau Agung Mannan justru jatuh di kaki Zehrudin Mehmedovic, dan selanjutnya melepas tendangan keras dari luar kota penalti, sehingga gagal dijangkau Reza Arya Pratama.

Peluang PSM untuk menyamakan kedudukan terbuka saat Tampines Rovers harus bermain dengan sepuluh orang, menyusul kartu kuning kedua yang diterima Christopher van Huizen selang dua menit kemudian.

Menjelang babak pertama berakhir, PSM mendapat dua peluang untuk mengubah keadaan. Setelah tendangan Wiljan Pluim dipatahkan kiper Syazwan Buhari di menit ke-41, sepakan Yakob Sayuri masih menghajar tiang kiri gawang selang 60 detik kemudian, sehingga skor 1-0 untuk keunggulan Tampines Rovers tetap bertahan.

PSM memanfaatkan keunggulan jumlah pemain untuk menggebrak pertahanan Tampines Rovers di babak kedua. Upaya PSM membuahkan hasil ketika laga berjalan dua menit. Umpan pendek Pluim diselesaikan Rizky Eka Pratama untuk menaklukkan Syazwan.

Pasukan Ramang akhirnya berbalik unggul setelah Nascimento mencetak gol perdananya bagi PSM di menit ke-78 usai menyambut umpan Rizky Eka. Nascimento mencetak brace di injury time melalui titik putih untuk memastikan kemenangan menjadi 3-1.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Tampines Rovers: Syazwan Buhari; Ryaan Sanizal, Shuya Yamashita, Amirul Haikal, Irfan Najeeb, Yasir Hanapi, Kyoga Nakamura, Zehrudin Mehmedovic, Firdaus Kasman, Christopher van Huizen, Boris Kopitovic.

PSM: Reza Arya Pratama; Yuran Fernandes, Agung Mannan, Erwin Gutawa, Bryan Cesar, Akbar Tanjung, Wiljan Pluim, Rizky Eka Pratama, Ricky Pratama, Ramadhan Sananta, Dzaky Asraf.