5 Pemain Andalan PSIS Semarang Sepanjang Fase Grup Piala Presiden 2022

PSIS Semarang menurunkan hampir seluruh skuadnya sepanjang fase grup Piala Presiden 2022. Klub berjuluk Laskar Mahesa Jenar itu mendaftarkan total 31 pemain.

PSIS Semarang juga mengandalkan seluruh pemain asingnya, yakni Taisei Marukawa, Carlos Fortes, Jonathan Cantillana, dan Alie Sesay. Dua nama terakhir datang belakangan.

Di samping itu, tim kebanggaan Kota Lumpia memberi kesempatan kepada tiga penjaga gawangnya untuk tampil. Mereka adalah Ray Redondo, Fajar Setya, dan Yofandani Pranata.

Namun, dari 26 pemain yang sudah diturunkan PSIS Semarang sepanjang fase grup, berikut 5 yang selalu menjadi andalan berdasarkan menit bermainnya.

Fredyan Wahyu

Fredyan Wahyu menjadi andalan di sektor bek kanan PSIS Semarang. Dia selalu diturunkan dalam 4 pertandingan sepanjang fase grup dan tampil selama 289 menit.

Bek asal Kabupaten Boyolali tersebut tiga kali turun sebagai starter dan satu kali jadi pemain pengganti. Dia tampil penuh pada laga melawan Persita Tangerang dan Persis Solo.

Kontribusi Fredyan Wahyu juga cukup mengagumkan dalam menyerang dan bertahan. Dia mencatatkan 2 tekel sukses, 9 intersep, 1 sapuan dan, menyumbang 2 assist.

Frendi Saputra

Bek asal Lampung, Frendi Saputra juga tak tergantikan di sektor bek kiri PSIS Semarang. Dia tampil selama 309 menit dan 3 kali turun sebagai starter selama fase grup Piala Presiden 2022.

Dari 4 kali penampilannya, Frendi Saputra juga menunjukkan performa yang apik. Dia mencatatkan 3 tekel sukses, 7 intersep, dan 2 sapuan.

Frendi Saputra juga membantu serangan dengan melepaskan 2 tembakan. Selain itu, Bek 30 tahun tersebut menyumbang 2 assist untuk Laskar Mahesa Jenar.

Carlos Fortes

Pemain asing asal Portugal, Carlos Fortes menjadi salah satu andalan di lini serang. Dia tampil 4 kali sepanjang fase grup, dengan 3 di antaranya sebagai starter.

Carlos Fortes juga merupakan kunci kesuksesan PSIS Semarang. Dia menyumbang 5 gol dari 309 menit berada di lapangan.

Mantan pemain Arema FC tersebut mencetak 2 gol lawan Persita Tangerang, 1 gol kontra Persis Solo, dan 2 gol lawan PSS Sleman. Dia juga menyumbang 1 assist.

Wahyu Prasetyo

Wahyu Prasetyo selalu menjadi pilihan di sektor bek tengah PSIS Semarang. Dia selalu menjadi starter dalam 3 laga awal dan turun dari bangku cadangan kontra PSS Sleman.

Wahyu Prasetyo tampil 314 menit bersama PSIS Semarang. Hanya pada laga terakhir melawan PSS Sleman dia tidak bermain penuh dan masuk pada menit 46.

Meski berposisi sebagai stopper, Wahyu Prasetyo menyumbang 1 gol. Dia mencatatkan 2 tekel sukses, 13 intersep, dan 13 sapuan.

Taisei Marukawa

Sementara itu, pemain yang tak tergantikan dalam skuad PSIS Semarang sepanjang fase grup Piala Presiden 2022 adalah Taisei Marukawa. Dia bermain penuh selama 4 pertandingan dengan 360 menit penampilan.

Mantan pemain Persebaya Surabaya tersebut punya kontribusi yang cukup besar dalam menyerang. Dia melepaskan total 7 tembakan, dengan 3 di antaranya on target dan menghasilkan 1 gol.

Taisei Marukawa juga menyumbang 2 assist. Tak heran jika dia selalu menjadi pilihan pelatih PSIS Semarang, Sergio Alexandre.