Mental Pemain Timnas Indonesia Disebut Berubah Drastis di Tangan Shin Tae-yong

Progres dan perkembangan para pemain Timnas Indonesia dinilai terus menanjak di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong.

Hal itu dikatakan oleh mantan pemain Timnas Indonesia, Nova Arianto, yang juga jadi asisten pelatih di skuad Garuda saat ini.

Nova Arianto yang mendampingi Shin Tae-yong sejak akhir 2019 mengatakan perkembangan Timnas Indonesia terus menanjak.

Terutama, mental para pemain yang dipanggil berseragam Timnas makin kuat seiring racikan pelatih asal Korea Selatan itu.

Selama dilatih Shin Tae-yong, Timnas Indonesia bisa capai final Piala AFF 2020, meski diragukan karena andalkan pemain muda.

Teranyar, juru taktik 52 tahun tersebut mampu meloloskan skuad tim Merah Putih ke Piala Asia 2023 mendatang.

Timnas Indonesia sudah lama absen di Piala Asia atau sekitar 15 tahun. Terakhir tim Garuda tampil pada 2007 ketika jadi tuan rumah.

“Saya lihat progres pemain sangat luar biasa sejak pertama coach Shin datang hingga terakhir di Kualifikasi Piala Asia 2023, progresnya luar biasa,” buka Nova Arianto.

“Etos kerja pemain, mentalitas pemain semakin baik di lapangan. Semoga ke depannya ini bisa lebih baik lagi,” imbuhnya.

Ketika Shin Tae-yong pertama kali datang, Timnas Indonesia berada di urutan 175 FIFA. Kini, eks pelatih Seongnam FC mampu bawa skuad Garuda tempati urutan 155.

Artinya, Shin Tae-yong memang menorehkan catatan apik karena di tangan dinginnya berhasil naik 20 posisi dalam rangking FIFA.

Shin Tae-yong telah memimpin total 24 pertandingan. Tercatat, 13 pertandingan di antaranya sukses dimenangkan, 3 laga berakhir imbang dan 8 kali berujung kekalahan.

Di tangan Shin Tae-yong, para pemain Timnas Indonesia memang diminta untuk kerja keras hingga menit akhir.

Disiplin, mental kuat dan fisik tangguh jadi syarat utama bagi para pemain.

Ketika pertama diperkenalkan sebagai pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memastikan tidak akan pernah memanggil pemain yang egois dan tidak punya mental untuk mengorbankan diri buat tim Merah Putih.

“Tidak akan terpilih jika main egois, tidak ada hati, pikiran, mental mengorbankan diri untuk Indonesia,” ujar Shin Tae-yong saat diperkenalkan akhir 2019 lalu.

Shin Tae-yong dikontrak oleh PSSI selama empat tahun atau hingga akhir 2023 mendatang. Dia diminta fokus menangani Timnas Indonesia senior dan U-20 yang akan tampil di Piala Dunia tahun 2023.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.