Kutuk Insiden GBLA, The Jakmania Ucapkan Belasungkawa Kepada Bobotoh

Ketua umum The Jakmania Diky Soemarno menyayangkan insiden yang terjadi di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Jumat (17/6). Ia pun rasa menyampaikan duka cita yang mendalam.

Laga Persib Bandung kontra Persebaya Surabaya dalam lanjutan Grup C Piala Presiden 2022, memakan korban. Dua pendukung Maung Bandung meninggal dunia.

Penyebab kedua suporter tersebut meninggal karena berdesakan saat mau masuk Stadion GBLA. Kondisi tempat itu sempat tak terkendali karena banyak penonton yang tidak punya tiket memaksa masuk.

“Kami keluarga The Jakmania turut berbelasungkawa atas hilangnya nyawa di GBLA. Ya harusnya ini tidak terjadi lagi, harusnya situasi ini bisa ditanggulangi oleh panpel [panitia pelaksana],” kata Diky.

Selain itu, Diky menyebut insiden tersebut mencoreng nama Presiden RI Joko Widodo. Mengingat, ajang tersebut menggunakan label orang nomor satu di Tanah Air.

“Karena ajang ini membawa nama Presiden, ada Piala Presiden, jadi memang ini harus menjadi perhatian juga bahwa ajang ini harus digelar dengan baik, tidak ada cacat, dan tidak ada korban jiwa lagi,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali meminta PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku penyelenggara Piala Presiden 2022, melakukan investigasi. Ia tak ingin kejadian serupa kembali terulang.

“Pemerintah akan menunggu laporan resmi dari PSSI dan PT LIB. Tidak boleh ini terulang lagi karena pertandingan masih banyak yang harus dilakukan. Kesiapan panitia daerah juga harus dipastikan pada setiap pertandingan,” kata Amali.

Amali, menginginkan PSSI dan PT LIB membenahi prosedur operasional (SOP) yang diterapkan pada Piala Presiden 2022. Ia tak mau kejadian serupa kembali terulang.

“Selain itu harus segera dievaluasi tentang SOP yang berlaku di stadion ketika itu, sekaligus melihat lagi pelaksanaan di empat stadion yang sudah berlangsung selama ini,” ucapnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.