Mengenal Sosok Ze Valente, Playmaker Anyar Milik PSS Sleman

PSS Sleman punya seorang playmaker anyar. Baru-baru ini, mereka resmi mendatangkan pemain Portugal bernama Ze Valente.

Pemain berusia 28 tahun itu bakal sangat diandalkan di lini tengah PSS Sleman musim ini. Tipikal permainannya juga dinilai cocok dengan skema yang dikembangkan Seto Nurdiyantoro di PSS.

Tak seperti layaknya gelandang kreatif asal Portugal yang biasanya punya postur pendek, Ze Valente lumayan tinggi. Ia punya tinggi badan 180 cm.

Meski demikian, gerakannya tetap fleksibel. Selain punya akurasi umpan yang bagus, dia juga punya kecepatan.

Di musim 2021/2022, Ze Valente memperkuat klub kasta kedua Portugal, FC Penafiel. Ze Valente mencetak tiga assist dan membawa klub itu ke posisi tujuh klasemen akhir liga kasta kedua Portugal.

PSS Sleman memang identik dengan playmaker asing sejak mereka promosi ke Liga 1 2019. Pada Liga 1 2019, PSS punya pemain asal Argentina, Brian Fereia.

Meski kerap dilanda cedera, Brian sangat bisa diandalkan saat itu. Ia jadi figur penting keberhasilan PSS mengakhiri musim di posisi delapan.

Di musim 2021/2022 lalu, PSS punya playmaker asal Brasil dalam diri Juninho. Pemain berusia 26 tahun itu mampu mencetak enam gol dan tiga assist dari 18 laga bersama PSS.

Namun, ia tak bisa mengakhiri musim di PSS. Ia mengalami cedera parah dan kini sudah bukan lagi bagian dari PSS.

Ze Valente sudah berada di Sleman. Ia pun sudah mengikuti sesi latihan di bawah besutan pelatih Seto Nurdiyantoro.

Akan tetapi, pemain yang mengenakan nomor 10 di PSS Sleman itu masih belum dimainkan saat PSS bermain melawan Persita di Piala Presiden 2022, Kamis (16/6/2022).

Ajang pramusim ini bakal jadi ujian awal bagi Ze Valente di PSS Sleman. Dia kemungkinan besar akan dimainkan saat PSS berhadapan dengan PSIS Semarang pada 24 Juni 2022 mendatang. (bola.net)