3 Kali Jebol Gawang Putri Surakarta, Arema Women Juara Piala Gubernur DKI Jakarta

Arema Women berhasil menjadi yang terbaik di turnamen sepak bola putri Piala Gubernur DKI Jakarta yang digelar oleh Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia (ASBWI) di Pancoran Soccer Field, Jakarta, Sabtu (18/6/2022). Arema Women menjadi juara setelah menang telak 3-0 atas Putri Surakarta di pertandingan final.

Arema Women memang tampil begitu dominan dalam pertandingan final. Tim yang lolos ke babak puncak setelah menyingkirkan Putri BMIFA yang diperkuat sejumlah pemain berlabel Timnas Indonesia itu, berhasil mencetak gol pertama lewat sepakan jarak jauh Dewi Tia pada menit ke-12.

Arema Women menggandakan keunggulan sebelum turun minum. Sepakan keras Sheva Imut dari luar kotak penalti berhasil menghujam pojok atas gawang Putri Surakarta yang membuat Arema Women mengakhiri babak pertama dengan cukup nyaman lewat keunggulan 2-0.

Pada babak kedua, Arema Women menambah keunggulan lewat gol yang dicetak Herlinda pada menit ke-66 setelah sempat terjadi kemelut di depan gawang Putri Surakarta. Hingga pertandingan usai, Arema Women tetap unggul 3-0 dan resmi menjadia juara Piala Gubernur DKI Jakarta.

Wahana untuk Mengembangkan Sepak Bola Putri

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, yang hadir untuk memberikan secara langsung trofi juara kepada Arema Women, mengungkapkan apresiasinya terhadap terselenggaranya turnamen sepak bola putri di Jakarta itu.

Anies Baswedan meyakini bahwa terselenggaranya turnamen ini bisa menjadi wahana agar sepak bola putri di Indonesia bisa lebih berkembang lagi.

“Izinkan saya secara khusus menyampaikan apresiasi kepada Pancoran Soccer Field dan juga Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia yang telah menjadi penyelenggara. Kita sama-sama berharap dengan adanya turnamen seperti ini, maka potensi persepakbolaan wanita akan memiliki wahana untuk berkembang,” ujar Anies Baswedan di Pancoran Soccer Field, Sabtu (18/6/2022).

“Dengan begitu, orang tua atau guru yang melihat potensi anak-anaknya di bidang sepak bola bisa ikut mendorong, mengembangkan, sehingga bakat mereka bisa menjadi prestasi.”

“Kami juga berharap dengan adanya turnamen seperti ini, maka klub-klub yang bergerak di bidang sepak bola wanita memiliki saluran untuk bisa saling belajar, saling mengasah prestasi, yang tentu saja berdampak kepada peningkatan prestasi dan menemukan bibit yang potensial untuk nantinya menjadi atlet nasional dan atlet Indonesia di kancah dunia,” lanjutnya.

Berharap Makin Banyak Turnamen Sepak Bola Wanita

Arema Women mengikuti turnamen Piala Gubernur DKI Jakarta dengan mengusung target menjadi juara sejak awal. Pelatih kepala Arema Women di Piala Gubernur DKI Jakarta, Nabilah Fitriyah, menegaskan bahwa para pemain dan staf ofisial bahu membahu untuk memastikan tim bisa pulang sebagai juara.

“Kita dari awal motivasinya memang menjadi juara. Setelah sempat kalah telak di awal, kita coba untuk sama-sama bangkit dan akhirnya bisa melangkah hingga final dan menjadi juara,” tegasnya.

Sementara untuk langkah ke depan, Arema Women berharap makin banyak turnamen yang bakal digelar untuk bisa mereka ikuti. Nabilah mengaku manajemen Arema Women memastikan akan terus mengikuti turnamen sepak bola putri yang digelar di Indonesia demi bisa memastikan para atletnya beraktivitas terus di dunia sepak bola.

“Dari manajemen kita akan mengikuti segala turnamen yang ada di Indonesia, karena daripada tidur, lebih baik kita terus beraktivitas. Kita tetap butuh dukungan dari luar supaya ada turnamen-turnamen seperti ini terus dan kita bisa tetap hidup,” lanjutnya.

Piala Gubernur DKI Jakarta 2022 digelar pada 10-18 Juni 2022 di Lapangan Pancoran Soccer Field. Ada delapan klub yang menjadi peserta. Tiga klub di antaranya berasal dari luar Jakarta dan sekitarnya, yaitu Arema FC Women (Malang), Akademi Persib Putri (Bandung), dan Putri Surakarta FC (Solo).