Shin Tae-yong Siap Besut Timnas Indonesia dari Usia Muda hingga Senior

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong menyatakan kesiapannya untuk mengasuh tim nasional di seluruh kelompok usia.

Shin Tae-yong pun tak merasa keberatan andai harus menjadi pelatih, mulai di level skuad U-19, U-23, maupun tim senior.

Hal itu dikatakan Shin Tae-yong pada agenda penyambutan rombongan timnas Indonesia seusai tiba di Jakarta, Kamis (16/6/2022) malam hari WIB.

“(Menangani semua kelompok usia timnas Indonesia) Itu bagus karena mulai dari usia muda hingga senior,” ujar Shin Tae-yong, Kamis (16/6/2022).

“Dengan demikian, (saya) bisa lebih membantu untuk mengembangkan sepak bola Indonesia,” kata pelatih asal Korea Selatan itu menambahkan.

Shin Tae-yong menegaskan, dia siap menunaikan tanggung jawabnya yang cukup besar meskipun merasakan letih akibat padatnya agenda timnas Indonesia.

Sebab, juru taktik berusia 51 tahun ini memiliki motivasi tinggi untuk membantu meningkatkan kualitas sepak bola Indonesia.

“Meskipun (saya merasa) capai, sepak bola Indonesia tetap harus dibenahi,” ujar eks-pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.

Para pemain timnas U-19 Indonesia melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Ghana pada pertandingan kedua Turnamen Toulon 2022.

Para pemain timnas U-19 Indonesia melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Ghana pada pertandingan kedua Turnamen Toulon 2022. (DOK PSSI)

Jikapun hanya bertugas menangani skuad U-19 dan timnas Indonesia, agenda Shin Tae-yong sepanjang 2022 terhitung sangat padat.

Sebab, setelah membawa timnas Indonesia lolos dari Kualifikasi Piala Asia 2023, ia harus mempersiapkan Indonesia U-19 untuk tampil di Piala AFF U-19 2022.

Menurut jadwal, gelaran Piala AFF U-19 2022 akan pada 2 hingga 15 Juli tahun ini. Indonesia juga didapuk sebagai tuan rumah penyelenggara ajang ini.

Selanjutnya, timnas U-19 Indonesia akan kembali berlaga di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 yang juga akan berlangsung di Jakarta pada 10-18 September 2022.

Pada bulan yang sama, Shin Tae-yong akan mempersiapkan timnas Indonesia menghadapi pertandingan internasional FIFA Matchday.

Selain itu, ia akan kembali membawa timnas Indonesia tampil di Piala AFF 2022 yang rencananya bergulir pada akhir tahun ini.

Beberapa hari belakangan publik sempat dihebohkan dengan pernyataan Ketua Umum PSSI terkait dengan nasib Shin Tae-yong sebagai juru taktik timnas Indonesia.

Pernyataan itu menyatakan bahwa Shin Tae-yong akan dievaluasi setelah pulang mendampingi timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Berdasarkan isu yang beredar, PSSI akan memfokuskan tugas Shin Tae-yong hanya untuk timnas U-19 Indonesia yang disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023.

Menurut Ketua Umum PSSI, beban Shin Tae-yong terlalu berat lantaran harus mengasuh tiga kelompok usia timnas Indonesia secara sekaligus.