Shin Tae-yong Optimis Hadapi Piala Asia 2023 Karena 2 Hal Ini

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, optimistis menatap perjuangan skuad Garuda pada Piala Asia 2023.

Shin Tae-yong yakin timnas Indonesia bisa bersaing pada Piala Asia 2023 yang merupakan turnamen sepak bola antarnegara paling akbar di Benua Asia tersebut.

Terdapat dua hal yang membuat Shin Tae-yong optimistis dalam menatap Piala Asia 2023. Hal itu tercermin lewat pernyataannya seusai merampungkan Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait.

Pertama, Shin Tae-yong optimistis karena telah melihat perkembangan mental dan fisik para pemain.

Lalu, yang kedua, rasa optimistis dalam diri Shin Tae-yong muncul karena kehadiran sejumlah pemain naturalisasi.

Terkini, Indonesia tengah memproses naturalisasi tiga pemain yang diharapkan bisa tampil pada Piala Asia 2023, yakni Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama.

Menurut Shin Tae-yong, kehadiran nama-nama tersebut bisa menambah kekuatan timnas Indonesia saat berjuang pada Piala Asia 2023.

“Mental dan fisik pemain terus membaik. Para pengggemar bisa melihat itu secara langsung,” kata Shin Tae-yong, dikutip dari Antara News.

“Kami pun akan kedatangan pemain naturalisasi yang membuat tim lebih kuat daripada saat ini,” ujar Shin Tae-yong.

Pada saat bersamaan, Shin Tae-yong sejatinya menyadari bahwa bersaing di Piala Asia 2023 bukanlah tugas mudah bagi timnas Indonesia.

Sebab, kualitas para pesaing di Piala Asia 2023 otomatis akan jauh lebih baik daripada saat kualifikasi.

Namun, Shin Tae-yong tak pernah meragukan daya juang para pemain timnas Indonesia.

Pelatih asal Korea Selatan itu yakin, dengan menjalani latihan keras dan laga uji coba, skuad Garuda dapat mengimbangi kualitas tim-tim tangguh di pentas Asia.

Terlebih lagi, menurut Shin Tae-yong, pemerintah dan PSSI selaku induk sepak bola Tanah Air sangat memerhatikan kebutuhan timnas Indonesia.

Shin Tae-yong menilai, mereka tak pernah setengah-setengah dalam memberikan sokongan.

“PSSI, mulai dari ketua umum hingga staf membantu dan mendukung penuh timnas. Itu membuat timnas saat ini sangat berkembang ke arah yang positif,” ucap Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2023 setelah menjadi salah satu di antara lima runner-up grup terbaik dalam babak kualifikasi.

Skuad Garuda berhasil mengakhiri penantian setelah kali terakhir tampil di Piala Asia pada edisi 2007 atau 15 tahun silam. (kompas.com)