Timnas Indonesia Gilas Nepal 7-0 dan Amankan Tiket Putaran Final Piala Asia 2023

Timnas Indonesia mengakhiri puasa berlaga di putaran final Piala Asia. Kemenangan tujuh gol tanpa balas atas Nepal, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB, membuat Tim Garuda lolos ke Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia langsung tancap gas sejak awal babak pertama. Baru 11 detik laga berjalan, Saddil Ramdani mampu melepaskan tembakan yang masih bisa ditahan kiper Nepal.

Dimas Drajad mampu membuka keunggulan bagi Timnas Indonesia pada menit ke-6. Menerima umpan crossing dari Asnawi Mangkualam, Dimas menanduk masuk bola ke dalam gawang Nepal.

Tertinggal dengan gol cepat, Nepal coba keluar menyerang. Beberapa kali upaya tembakan jarak jauh yang mereka lakukan masih belum merepotkan Nadeo Argawinata.

Kesalahan umpan dari Pratama Arhan pada menit ke-12 nyaris berbuah petaka. Beruntung, bola hasil tembakan Prince Karki dari luar kotak penalti masih jauh dari sasaran.

Menit ke-20 Timnas Indonesia kembali mendapatkan peluang. Namun, Witan Sulaeman yang mendapatkan umpan tarik manis gagal melakukan finishing dengan sempurna.
Nepal Tampil dengan 10 Pemain

Masuk menit ke-32, Nepal harus bermain dengan 10 pemain. Bek kiri, Suman Aryal mendapatkan kartu kuning kedua setelah melakukan tekel berbahaya kepada Asnawi Mangkualam.

Gol kedua Timnas Indonesia hadir pada menit ke-43. Asnawi Mangkualam kembali jadi aktor untuk gol tersebut. Assist manisnya memudahkan Witan Sulaeman mencetak gol ke gawang Deep Karki.

Dimas Drajad berkesempatan menambah gol lagi bagi Timnas Indonesia pada menit ke-45. Namun, sepakannya yang dilakukan sambil terjatuh masih melenceng tipis di sisi kanan gawang Nepal.

Klok pun punya kesempatan demikian pada injury time babak pertama. Namun papan skor tetap menunjukkan 2-0 untuk keunggulan Timnas Indonesia hingga babak pertama berakhir.

Babak Kedua

Marselino Ferdinan yang baru masuk pada awal babak kedua menggantikan Marc Klok mendapatkan peluang pada menit ke-48. Namun, tembakan jarak jauh yang dilepaskan Klok masih belum menemui sasaran.

Gol ketiga untuk Timnas Indonesia hadir pada menit ke-54. Kesalahan lini belakang Nepal dimanfaatkan dengan baik oleh Fachrudin Aryanto. Bola jatuh di kakinya, tanpa pikir panjang Fachrudin tinggal mendorong saja bola itu masuk ke gawang Nepal.

Berselang satu menit, Timnas Indonesia kembali menambah gol. Memanfaatkan umpan dari Muhammad Rafli, Saddil Ramdani melambungkan bola yang tak bisa dijangkau Deep Karki.

Menit ke-59, tiang gawang jadi musuh Witan Sulaeman. Sontekannya dari jarak dekat masih membentur tiang kiri gawang Nepal.

Cetak 7 Gol

Elkan Baggott mendapatkan peluang emas pada menit ke-68. Sayangnya, tandukan keras Elkan dari jarak dekat masih bisa ditepis dengan satu tangan oleh Deep Karki.

Sempat terjadi sedikit keributan yang melibatkan para pemain dari kedua tim di menit ke-71. Pemicunya adalah tekel kasar Bikash Tamang kepada Asnawi Mangkualam.

Setelah berkali-kali gagal, gol kelima Indonesia akhirnya hadir pada menit ke-79. Elkan Baggott mencetak gol dari tendangan jarak jauh.

Semenit kemudian, gol keenam Garuda hadir. Kali ini giliran Witan Sulaeman yang turut serta masuk papan skor Stadion Jaber Al-Ahmad.

Marselino Ferdinan menjadi pencetak gol ketujuh Timnas Indonesia di laga ini. Pemain nomor punggung tujuh itu memanfaatkan dengan baik assist dari Muhammad Rafli. Sampai laga usai, skor 7-0 untuk kemenangan Timnas Indonesia tetap bertahan.

Posisi di Grup A

Hasil tersebut membuat Timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2023 dengan status sebagai salah satu runner-up terbaik. Tim Garuda mendulang enam poin, tertinggal tiga angka dari Yordania yang menghuni posisi teratas.

Indonesia juga melesat ke urutan kedua klasemen runner-up terbaik berkat kemenangan tujuh gol atas Nepal. Timnas Indonesia mengoleksi enam poin, tertinggal satu angka dari Kyrgyzstan di posisi teratas.

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia (3-4-3): Nadeo Argawinata (Kiper), Fachrudin Aryanto, Elkan Baggott, Rizky Ridho (Belakang), Asnawi Mangkualam, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Pratama Arhan (Tengah), Witan Sulaeman, Dimas Drajad, Saddil Ramdani (Depan).

Pelatih: Shin Tae-yong

Timnas Nepal (4-4-2): Deep Karki (Kiper), Shiva Gurung, Bikash Tamang, Suman Aryal, Nir Kumar Rai, (Belakang), Prince Karki, Arik Bista, Pujan Uparkoti, Sunil Bal (Tengah), Rajan Gurung, Satosh Tamang (Depan)

Pelatih: Abdullah Almutairi