Timnas Harus Menang Besar Lawan Nepal, Shin Tae-yong Optimistis

Timnas Indonesia harus menang besar melawan Nepal pada laga terakhir Kualifikasi Piala Asia 2023. Shin Tae-yong yakin timnya masih punya peluang lolos ke babak utama.

Garuda akan melawan Nepal di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait, Rabu (15/6/2022), pukul 02.15 WIB. Kemenangan besar wajib diraih setelah Timnas Indonesia setelah kalah 0-1 dari Yordania, Minggu (12/6).

Timnas Indonesia terancam tak lolos andai cuma menang tipis dengan 1-0 ataupun 2-1. Sebab, ada potensi Timnas Indonesia tak masuk kriteria runner-up terbaik.

Kemenangan atas Nepal akan membuat Timnas Indonesia mengoleksi enam poin. Tapi Stefano Lilipaly cs saat ini baru mencetak dua gol dan kebobolan dua gol, sehingga butuh menang besar untuk membuat catatan selisih gol membaik.

Meski begitu, Shin Tae-yong meyakini Timnas Indonesia punya peluang bagus untuk lolos ke Piala Asia. Yang penting timnya bisa fokus untuk meraih kemenangan melawan Nepal.

“Kami masih memiliki satu pertandingan lagi. Jika berhasil meraih tiga poin pada laga terakhir, saya yakin kami akan mendapatkan hasil terbaik,” kata Shin Tae-yong.

Saat ini Timnas Indonesia sedang memperebutkan 11 tiket tersisa ke Piala Asia. Yang bisa lolos adalah juara grup (enam tim) dan runner-up terbaik (lima tim).

Itu berarti akan ada 1 tim runner-up yang tersingkir karena berstatus sebagai tim peringkat kedua dengan kriteria terendah. Nah Timnas Indonesia harus menghindari hal itu, syaratnya harus menang besar melawan Nepal.

Adapun Timnas Indonesia saat ini masih menempati peringkat terbawah di antara tim-tim runner-up. Thailand, Kirgistan dan India bahkan sudah meraih 6 poin karena menang di dua laga.

Filipina ada di urutan keempat dengan empat poin, dan Malaysia di tempat kelima dengan tiga angka tapi unggul selisih gol yakni 4-3 (+1). Timnas Indonesia harus berharap Filipina atau Malaysia tak menang pada laga terakhirnya kalau tak bisa menang besar atas Nepal.