Samsul Arif ‘Pakewuh’ Sama Fabiano Beltrame, Penalti Persis Solo Terbuang Sia-sia

Persis Solo gagal memanfaatkan penalti yang didapat melawan PSS Sleman, Samsul Arif tak berani menyerobot eksekusi dari Fabiano Beltrame.

Samsul Arif masuk dalam golongan pemain veteran (37 tahun) tetapi di Persis Solo, ia tetap jauh lebih muda dibanding Fabiano Beltrame.

Situasi senioritas itu menjadi problem bagi Persis Solo dalam laga pembuka Piala Presiden 2022 melawan PSS Sleman, Sabtu (11/6/2022).

PSS Sleman berhasil menampilkan performa lebih ngotot meski diteror segenap pendukung Persis Solo, dan bisa mengamankan skor 0-0.

Persis sejatinya mendapatkan peluang tak ternilai berupa hadiah penalti usai Abduh Lestaluhu dijatuhkan pada menit ke-82.

Namun, Fabiano Beltrame mengirim bola tersebut terlalu ringan dan berada dalam jangkauan M Ridwan.

Usut punya usut, Fabiano Beltrame bukanlah eksekutor utama penalti Persis, melainkan Samsul Arif.

Hal tersebut diungkap oleh Samsul Arif sendiri dalam konferensi pers pascalaga.

“Ya sebenarnya saat meeting nama saya yang disebut pertama (sebagai eksekutor utama),” ungkap Samsul dikutip dari BolaSport.com (11/6/2022).

“Cuma kita di beberapa pertandingan uji coba terakhir (diambil) Fabiano, dan saya pikir saya ada sedikit miskomunikasi dengan Fabiano,” terangnya.

Samsul menyatakan, ia pakewuh (tak enak hati) terhadap sosok berpengaruh sekaliber Fabiano.

Maklum Fabiano berusia lebih tua dari Samsul, yaitu 40 tahun pada 29 Agustus mendatang, serta lebih dulu bermain di Persis.

“Saya tidak menunjukkan gestur untuk mengambil (penalti) itu,” tutur Samsul.

Suasana pertandingan Persis Solo Vs PSS Sleman pada laga perdana grup A Piala Presiden 2022, di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (11/6/2022).

MOCHAMAD HARY PRASETYA/BOLASPORT.COM

Suasana pertandingan Persis Solo Vs PSS Sleman pada laga perdana grup A Piala Presiden 2022, di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (11/6/2022).

“Karena saya pikir Fabiano lebih berhak karena dia sudah lama di sini, dan tampil reguler juga di Persis Solo.”

“Lain kali saya harus lebih berani berbicara untuk mengutarakan keinginan saya dan demi kebaikan tim ini sebenarnya,” pungkasnya.

Samsul Arif memang perlu menunjukkan diri sebagai striker buas yang “serakah” dalam mengambil peluang.

Ia memiliki track record sebagai salah satu striker lokal paling konsisten di Liga 1 dalam beberapa musim terakhir, termasuk 11 gol bersama Persebaya pada musim lalu.

Persis Solo baru akan bermain lagi di Piala Presiden 2022 pada Selasa (21/6/2022) dalam laga bertajuk Derbi Jateng melawan PSIS Semarang.