Peringatan Menpora untuk PSSI di Piala Dunia U-20

Menpora Zainudin Amali memperingatkan PSSI soal performa Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 pada 2023 mendatang.

Zainudin Amali mengatakan tidak ingin Timnas U-20 kedodoran pada babak grup. Hal itu disampaikan Menpora menanggapi soal posisi pelatih Timnas U-20 dan Timnas Indonesia senior.

Baru-baru ini PSSI memunculkan kontroversi fokus Shin Tae Yong bersama tim nasional. Exco PSSI juga sepakat Shin Tae Yong menangani Timnas U-20 untuk Piala dunia U-20.

Isu itu dikritik karena Timnas Indonesia tengah berjuang di Kualifikasi Piala Asia 2023. Fokus kepelatihan itu dianggap bisa berdampak buruk bagi Fachruddin Aryanto dan kawan-kawan.

“Kita mau menjadi tuan rumah yang baik bagi 23 tim yang nanti bertanding, namun kita tidak mau tim kita di babak awal sudah babak belur,” kata Menpora dikutip dari Antara.

Menpora Amali tidak ingin mengintervensi PSSI soal pelatih Timnas U-20. Mengenai pemilihan pelatih Menpora menyatakan merupakan wewenang PSSI.

Zainudin Amali menjelaskan Kemenpora memiliki tanggung jawab menyukseskan penyelenggaraan Piala Dunia U-20. Sedangkan sukses prestasi Timnas U-20 di Piala Dunia U-20 adalah tanggung jawab dari PSSI.

“Silakan menentukan siapa yang akan berkonsentrasi menangani U-20,” ucap Zainudin Amali.

Sejak direkrut PSSI pada akhir 2019, Shin Tae Yong memiliki kewenangan menangani beberapa level Timnas Indonesia, mulai dari U-19, U-23, hingga senior.

Pelatih asal Korea Selatan itu dibebani target utama oleh PSSI dengan mengangkat peringkat Timnas Indonesia senior dalam ranking FIFA dan juga memiliki capaian mengesankan di Piala Dunia U-20 2023.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menegaskan pihaknya tidak akan mengintervensi dalam pemilihan pelatih timnas sepak bola U-20 yang akan berlaga di Piala Dunia 2023.

“Silakan menentukan siapa yang akan berkonsentrasi menangani U-20,” kata Zainudin Amali di sela pelaksanaan Turnamen Tenis Profesor di Universitas Negeri Semarang, Sabtu.

Ia menegaskan pemilihan pelatih timnas merupakan wewenang dari PSSI dan menyerahkan sepenuhnya kepada PSSI sebagai federasi sepak bola Indonesia.

Meski demikian, ia mengingatkan tentang sukses penyelenggaraan maupun sukses prestasi bagi Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2023 tersebut.