Javier Roca Ingatkan Striker Asing Persik, Jangan Silau dengan Pamor Youssef Ezzejjari

Pada BRI Liga 2021/2022 lalu, Persik Kediri memiliki striker asing, Youssef Ezzejjari, yang jago mencetak gol. Pemain asal Spanyol ini total mengemas 19 gol.

Tapi sayang, manajemen Persik Kediri tak memperpanjang kontrak Ezzejjari. Sebagai ganti Ezzejjari, Persik mendatangkan Joanderson de Jesus sebagai ujung tombak di Liga 1 2022/2023.

Namun, pelatih Javier Roca mengingatkan bomber asal Brasil itu tak silau dengan bayang-bayang kehebatan Youssef Ezzejjari.

“Kami harus akui Ezzejjari merupakan striker bagus. Kami tak memperpanjang kontraknya, karena alasan taktis. Makanya, kami datangkan Joanderson. Sejak awal, saya minta dia jangan terbebani dengan prestasi Ezzejjari di Persik Kediri,” kata Roca, Jumat (11/6/2022).

Sejak bergabung dengan Macan Putih, arsitek asal Cile itu minta Joanderson harus menjadi diri sendiri.

“Saya hanya minta Joanderson menunjukkan jati dirinya. Saya tak menuntut dia harus seperti Ezzejjari,” kata Roca.

“Dia baru kali pertama main di luar Brasil. Jadi tentu tak mudah baginya untuk adaptasi di lingkungan baru,” ujarnya.

Javier Roca memang tak menekan Joanderson. Namun, Roca yakin eks penggawa klub legendaris Brasil, Sao Paulo itu tahu tugasnya di tim.

“Sebagai striker tugasnya memang mencetak gol. Tapi saya lebih berharap Joanderson membantu tim untuk meraih kemenangan dan memenuhi target finis di posisi lima besar musim ini,” tuturnya.

Kendati begitu, Joanderson telah menunjukkan ketajamannya. Dalam dua kali ujicoba saat pemusatan latihan di Jakarta lalu, dia selalu mencetak gol. Artinya, Joanderson bisa jadi andalan Persik musim ini.