Bernardo Tavares Beber Kunci Sukses PSM Makassar Kalahkan Arema FC

Bernardo Tavares angkat bicara soal kemenangan anak asuhnya kala menghadapi Arema FC pada laga Grup D Piala Presiden 2022. Pelatih PSM Makassar ini menyebut sukses anak asuhnya tak lepas dari naungan Dewi Fortuna.

Menurut Tavares, PSM memang sukses mencetak gol cepat ke gawang Arema FC. Hal ini adalah salah satu faktor penting dalam kemenangan timnya. Namun, Tavares menambahkan, keberuntungan juga tak bisa dilepaskan dari kemenangan timnya tersebut.

Menurut Tavares, salah satu bentuk keberuntungan mereka adalah ketika bola sepakan penggawa Arema FC, Gian Zola, menghantam tiang gawang dan memantul keluar.

“Saya tahu bahwa keberuntungan macam ini bisa mengubah jalannya pertandingan. Bisa jadi, jika Arema mencetak gol, hasilnya akan lain,” tuturnya.

PSM Makassar sukses meraih kemenangan 1-0 kala menghadapi Arema FC pada laga perdana Grup D Piala Presiden 2022. Dalam laga yang dihelat di Stadion Kanjuruhan Malang, Sabtu (11/06) malam tersebut, gol kemenangan PSM Makassar dicetak Wiljan Pluim ketika laga belum genap berjalan semenit.

Selanjutnya, PSM Makassar akan menghadapi Persikabo 1973. Pertandingan ini akan dihelat di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang, Rabu (15/06) sore.

Soroti Wasit

Kendati timnya meraih kemenangan pada laga ini, Tavares tetap menyoroti kepemimpinan wasit. Menurutnya, ada sejumlah keputusan wasit pada laga ini tak tidak tepat.

“Semua orang membuat kesalahan, kadang pemain, kadang pelatih, kadang pula wasit. Kali ini, wasit yang membuat kesalahan. Jika di Indonesia menggunakan VAR, Anda akan lihat ada banyak kesalahan yang dibuat,” tuturnya.

“Jika kami bermain imbang atau kalah dan saya menyoroti wasit, orang akan menyebut saya banyak bicara. Namun, ketika menang pun, kami tetap menganggap banyak kesalahan yang dibuat,” Tavares menambahkan.

Senang Atmosfer Pertandingan

Terlepas dari sorotannya terhadap kinerja wasit, Tavares menilai bahwa laga ini sangat luar biasa. Ia mengaku kagum dengan atmosfer pertandingan yang terjadi di stadion.

“Saya rasa, suporter Arema membuat atmosfer pertandingan yang sangat bagus,” kata Tavares.

“Bukan hanya kami yang menang pada pertandingan ini, tapi sepak bola Indonesia,” ia menandaskan.