RD Belum Puas dengan Kualitas Pemain Rans Nusantara

Pelatih Rans Nusantara FC, Rahmad Darmawan mengaku belum puas dengan penampilan anak asuhnya di beberapa laga uji coba. Hal itu jadi perhatian serius jelang laga perdana Piala Presiden 2022.

Coach RD (sapaan Rahmad Darmawan) mengatakan kualitas permainan belum konsisten. Karenanya, dia akan melakukan evaluasi secara menyeluruh.

“Yang pasti kami terus melakukan beberapa hal yang dibutuhkan untuk matangkan tim. Ini pengalaman pertama buat kami jadi belum stabil penampilan dalam laga uji coba, tapi bagi saya ini hal wajar,” kata RD.

Meski demikian, kerja keras, semangat dan motivasi tinggi yang ditunjukan Sandi Sute dkk di latihan membuat RD semringah. Pelatih 55 tahun itu yakin tim Rans Nusantara akan berkembang lebih baik lagi.

“Secara progres, pemain mau berbenah, berubah dan latihan buat lebih baik lagi itu sangat kuat. Ini yang buat saya senang, karena tanpa motivasi, mereka sulit berkembang,” tutur RD.

Di Piala Presiden 2022, Rans Nusantara FC ada di Grup B. Lawan yang dihadapi tidak mudah karena ada Persija Jakarta, Borneo FC, Madura United dan Barito Putera.

Untuk itu, RD menjadikan turnamen pra musim tersebut sebagai bahan evaluasi. Dia akan mencoba mengutak atik taktik dan strategi yang sekiranya cocok dengan karakter Rans Nusantara FC.

“Pasti akan terjadi problem karena notabene sebagian pemain, baru akan bermain di laga yang dihadiri penonton dan dengan level yang lebih tinggi dibanding kemarin kami di Liga 2,” ujarnya.

“Karena itu, Piala Presiden nanti jadi bahan evaluasi untuk pembenahan tim lebih baik lagi,” lanjut RD.

Sebelum ke Piala Presiden 2022 Rans Nusantara FC jalani beberapa uji coba, salah satunya saat dihajar oleh Arema FC dengan skor 0-4.

Meski terbantai kala melawan Arema FC, Rans Nusantara justru merasa terbantu. Rahmad Darmawan selaku pelatih mengambil sisi positif dari kekalahan telak yang dialami Rans Nusantara FC.

“Saya memang ingin semua pemain tampil dengan maksimal,” ucap pelatih Rans Nusantara FC itu dalam sesi press conferrence.

“Pertandingan ini sangat membantu tim kami dalam banyak hal,” beber pelatih Madura United dan Barito Putera di Liga 1 musim lalu itu.

Selain melawan Arema FC, Rans Nusantara juga menjalani uji coba lainnya, yakni kala imbang 2-2 kontra tim Porprov Kabupaten Malang, imbang 1-1 lawan Borneo FC dan menang 2-0 atas JK Academy.

Rans Nusantara FC sejauh ini sudah datangkan 12 pemain lokal dan dua pemain asing yakni Kodai Iida dan Victor Sallinas. Lalu ada pula tambahan 19 pemain dari Liga 2 musim lalu.

Untuk laga perdana Piala Presiden 2022, tim asuhan Rahmad Darmawan akan meladeni Barito Putera pada 14 Juni nanti. Setelah Madura United (18 Juni), Persija (22 Juni) dan Borneo FC (28 Juni).