Belum Bintang Besar, Pemain Timnas Indonesia U-19 Ronaldo Kwateh Harus Terus Berkembang

Asisten pelatih timnas Indonesia U-19 Dzenan Radoncic meminta Ronaldo Kwateh tetap membumi. Ia ogah anak asuhnya tersebut berpuas diri dengan kemampuannya sekarang.

Aksi Ronaldo yang melakukan nutmeg pada laga perdana timnas Indonesia U-19 kontra Venezuela sempat viral. Sayang, dalam pertandingan tersebut skuad Garuda Muda takluk satu gol tanpa balas.

Penampilan Ronaldo dalam Turnamen Toulon 2022, mengundang atensi. Bahkan, ada wartawan Prancis yang menyebut pilar Madura United tersebut merupakan bintang besar di Tanah Air.

Namun, Radoncic menilai Ronaldo belum menjadi apa-apa. Menurutnya, perjalanan karier pesepabola berusia 17 tahun itu masih sangat panjang.

“Saya tidak ingin memanggilnya bintang besar. Dia masih muda, saya tidak ingin dia terbang tinggi. Dia harus menunjukkan di lapangan dulu, harus melakukannya di lapangan, seperti para Ronaldo lainnya,” kata Radoncic.

Ronaldo yang dimaksud Radoncic adalah Ronaldo Nazario dan Cristiano Ronaldo. Kedua nama tersebut sangat tenar di dunia sepakbola internasional karena sudah meraih sederet gelar individual, klub, hingga tim nasional.

Lagi-lagi wartawan Prancis menanyakan alasan Ronaldo memakai nomor tujuh. Mengingat, angka tersebut spesial karena digunakan para pemain berkualitas seperti Cristiano Ronaldo, Son Heung Min, dan Kylian Mbappe.

“Walaupun Ronaldo sudah dapat nomor tujuh, tapi bagi saya dia masih muda, dia punya banyak potensi dan saya pikir dia bisa melakukan hal-hal yang hebat,” ucapnya.

Selain itu, Radoncic menyatakan Ronaldo punya kesempatan untuk bermain di Eropa. Akan tetapi, ia harus meningkatkan kemampuannya terlebih dahulu.

“Tidak ada yang mudah. Jika dia berlatih keras, saya pikir Anda bisa merekrutnya, bahkan untuk bermain di Eropa, dia bisa menjadi pemain hebat,” ujarnya.

Sejauh ini, Ronaldo belum bisa mencetak gol di Turnamen Toulon 2022. Kendati begitu, ia membantu timnas Indonesia U-19 saat mengalahkan Ghana 1-0, pada laga kedua.