Banjir Tawaran, Bintang Timnas U-19 Sudah Dilirik Klub Liga 2 Sebelum Seleksi di Persib

Pemain Diklat Persib, Robi Darwis, saat ini sedang menjalani seleksi di tim Persib Bandung untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 yang rencananya akan bergulir akhir Juli mendatang.

Robi Darwis turut dibawa ke Batam oleh pelatih Persib, Robert Rene Alberts, saat skuat Maung Bandung menggelar pemusatan latihan atau Training Center (TC) sebagai persiapan tampil di Liga 1 musim depan.

Saat jalani pemusatan latihan di Batam, kualitas pemain yang berposisi sebagai gelandang ini akan terus dipantau oleh tim pelatih.

Menurut Robi Darwis, sebelum mengikuti seleksi di skuat Maung Bandung ada beberapa tawaran dari beberapa klub yang tertarik untuk merekrutnya terutama dari Liga 2.

Hanya saja, Robi Darwis lebih memprioritaskan Persib untuk dibelanya pada musim 2022-2023, sehingga saat ada kesempatan untuk seleksi dia langsung mengikutinya dan berusaha menampilkan permainan terbaiknya.

“Sempat ada beberapa tim (nawarin), sudah mau berangkat tapi ada instruksi untuk ikut game internal di sini (28 Mei 2022),”

“Jadi saya memutuskan untuk ikut di sini dulu, kalau di sini tidak dibutuhkan mungkin ke tim lain,” kata Robi Darwis.

Pemain yang sering mendapat panggilan bergabung dengan Timnas Indonesia U-19 ini mengaku, menikmati proses seleksi di skuat Maung Bandung dan tak ada tekanan yang dirasakan olehnya.

Robi Darwis tak menampik ada rasa canggung, lantaran dia menjalani seleksi di tim besar yang memiliki suporter yang sangat besar dan loyal. 

Namun, Robi berusaha menghilangkan rasa canggung tersebut, agar cita-citanya berkostum skuat Maung Bandung di kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 bisa tercapai.

“Kalau buat saya sih sama saja. Tapi mungkin Persib dengan pendukung fanatiknya pasti rasa canggung sedikit ada. Tapi kalau saya terus merasa canggung gitu kapan majunya, jadi memberanikan diri main sesuai kapasitas saya,” ungkap Robi Darwis.

“Ya dibawa enjoy aja sih, lebih ke nikmati proses. Kalau mungkin keputusannya gak sesuai yang gak apa-apa mungkin belum rezekinya. Tapi kalau lanjut Alhamdulillah,” jelas Robi Darwis.

Sebagai informasi, Robi mengenal sepak bola dari SSB Atep7, kemudian ditempa di Akademi Persib Cimahi dan bergabung dengan Persib U-16, setelah itu dia ambil bagian di tim Persib U-18.

Penampilan Robi di EPA menarik perhatian tim pelatih Timnas Indonesia U-18 untuk menjalani pemusatan latihan di Antalya, Turki. Itu merupakan bagian dari sebagai persiapan Timnas menghadapi Piala Dunia U-20. 

Robi Darwis juga sempat masuk dalam daftar 40 pemain tim U-19 Indonesia untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan. TC di Negeri Ginseng sebagai persiapan mengikuti Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Selain itu, Robi sempat memperkuat Bandung United yang berlaga di kompetisi Liga 3. Diasuh pelatih Lukas Tumbuan, Robi membawa tim satelit Persib ini hingga melaju ke babak 32 besar putaran nasional.

Sementara itu, sebelumnya Robert Alberts menuturkan, selama di Batam, Persib berencana menggelar pertandingan uji coba menghadapi tim asal Singapura, Tanjong Pagar.

Sehingga, dalam game tersebut Robert Alberts akan kembali menyeleksi dan memantau kualitas Robi Darwis.

Jika penampilannya konsisten, maka Robi Darwis berpeluang untuk dipromosikan oleh Robert Alberts ke skuat Maung Bandung guna persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

“Dia akan bergabung dengan kami di Batam dan kami akan melihat penampilannya. Jika dia bisa bermain dengan stabil (akan direkrut),” kata Robert Alberts beberapa hari lalu.

Pada game internal yang berlangsung di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Sabtu (28/05/22), Robert Alberts mengaku cukup terkesan dengan penampilan Robi Darwis.

Hanya saja menrut Robert, satu laga tidak cukup untuk dijadikan acuan dalam memberikan penilaian kepada Robi Darwis serta para pemain seleksi lain di skuat Persib.

“Kami tidak bisa memberi penilaian dari satu laga saja, tapi harus melihat performa dia apakah stabil atau tidak. Kalau kesan positif hari ini bisa dilanjutkan di Batam maka kami akan mengontraknya,” ungkap Robert Alberts.