Syarat Timnas Indonesia U-19 Lolos ke Semifinal Toulon Cup 2022: Terpenting Menang Dulu atas Meksiko

Timnas Indonesia U-19 masih punya peluang untuk melangkah ke semifinal Toulon Cup 2022. Satu syarat utama adalah Ronaldo Kwateh dkk. mampu meraih kemenangan atas Meksiko dalam laga terakhir Grup B Toulon Cup 2022, Minggu (5/6/2022) malam WIB.

Laga antara Timnas Indonesia U-19 dan Meksiko di Grup B Toulon Cup 2022 memang merupakan partai hidup dan mati di antara kedua tim.

Dengan torehan poin yang sama dan berada di posisi kedua dan ketiga di klasemen grup, kemenangan menjadi harga mutlak untuk bisa melangkah ke fase selanjutnya.

Namun, apakah dengan meraih kemenangan atas Meksiko, Timnas Indonesia U-19 dipastikan bisa lolos ke semifinal Toulon Cup 2022? Tentu tidak sesimpel itu.

Pelatih Dzenan Radoncic menegaskan Timnas Indonesia U-19 dalam kondisi siap tempur di Toulon Cup 2022. (dok. PSSI)
Meski terbilang kecil, Timnas Indonesia U-19 masih punya peluang untuk mendapatkan tiket ke semifinal secara otomatis dengan menjadi juara Grup B Toulon Cup 2022.

Syarat utama tentu saja Venezuela harus kalah dari Ghana, 90 menit sebelum pertandingan antara Indonesia dan Meksiko digelar.

Jika Venzuela kalah dari Ghana, semisal 0-1, maka Timnas Indonesia U-19 setidaknya harus menang 2-0 atas Meksiko demi mengamankan posisi puncak klasemen dan lolos secara otomatis ke semifinal.

Seandainya Venezuela menang atau bermain imbang dengan Ghana, mau tidak mau Timnas Indonesia U-19 harus bersaing untuk bisa finis di posisi runner-up terbaik Toulon Cup 2022.

Turnamen ini diikuti 12 tim yang terbagi dalam tiga grup. Hal tersebut membuat tiket ke semifinal hanya menjadi milik para juara grup dan satu tim yang berada di posisi runner-up, di mana yang terbaik yang akan diloloskan.

Syarat utamanya lagi-lagi Timnas Indonesia U-19 harus menang atas Meksiko untuk bisa berada di posisi kedua dengan torehan enam poin.

Namun, Indonesia tak hanya butuh kemenangan belaka, tapi juga kemenangan dengan selisih gol yang besar. Pasalnya, pada akhirnya torehan Indonesia di posisi kedua akan disejajarkan dengan runner-up dari grup lain.

Saat ini Argentina yang terdepan untuk meraih tiket semifinal dari posisi runner-up terbaik. Namun, Tim Garuda masih punya kans karena Argentina sudah menyelesaikan tiga pertandingan yang mereka harus jalani.