PSSI Tahan Gaji Wasit ‘Nakal’ di Liga 3

PSSI sempat dikabarkan belum membayar gaji wasit di Liga 3. Hal itu kini dibantah. Pembayaran yang tertunda disebut cuma gaji wasit ‘nakal’.

Menyoal kegagalan PSSI membayar gaji wasit Liga 3 diungkap oleh Save Our Soccer. Tak hanya wasit di Liga 3 yang gajinya belum dibayar, tapi juga wasit yang memimpin pertandingan di Piala Soeratin.

PSSI, melalui Head of Referee Andesit Listyanto, menjawab tuduhan itu. Memang ada benarnya jika wasit di Liga 3 dan Piala Soeratin ada yang belum dibayar.

Namun, tidak semua wasit pada kompetisi itu belum dibayar. Andesit menyebut cuma wasit nakal yang ditunda pembayarannya sebagai efek jera.

“Jadi tidak benar bahwa semua perangkat pertandingan belum dibayar oleh PSSI di Liga 3 dan Piala Soeratin. Memang sistem pembayarannya itu bertahap dan ada penambahan saja. PSSI sangat menyayangkan sejumlah media yang menulis hal ini, tetapi tidak melakukan konfirmasi dulu ke PSSI,” kata Andesit seperti dikutip dari situs resmi PSSI.

“Selain itu ada sejumlah wasit yang bermasalah yang honornya belum kita berikan. Arahan tersebut dari Pak Sekjen (Yunus Nusi) sebagai efek jera kepada perangkat pertandingan yang bermasalah atau tidak benar dalam menjalankan tugas,” imbuhnya.

Menurut Andesit, ada pula penyesuaian pembayaran pada babak semifinal dan final. Apalagi Liga 3, dan Piala Soeratin U-13, U-15, U-17 berakhir pada akhir Maret lalu.

Andesit memastikan jika semua sudah clear, sisa honor perangkat pertandingan pasti akan dibayarkan kepada mereka yang berhak.