Tren Baru Liga 1: Ramai-ramai Beli Pemain Jepang!

Kesuksesan Taisei Marukawa bersama Persebaya Surabaya memberikan efek besar. Merekrut pemain asal Jepang pun kini menjadi tren di kalangan klub-klub Liga 1.

Setidaknya sudah ada tiga pemain asal Jepang yang disinyalir dan sudah diumumkan direkrut klub Liga 1. Mereka adalah Ryota Noma (Barito Putera), Sho Yamamoto, dan Kodai Lida (Rans Nusantara FC).

Sho Yamamoto sebenarnya belum resmi, namun kabarnya akan segera mendapat kontrak dari Persebaya Surabaya. Bajul Ijo nampaknya masih kepincut dengan tenaga pemain asal Negeri Sakura setelah penampilan apik Marukawa di BRI Liga 1 2022.

Tak cuma Persebaya, Barito Putera dan Rans Nusantara seolah ingin mendapatkan kisah sukses yang sama. Pemain Jepang di Indonesia relatif kurang dikenal saat datang, tapi kerap menunjukkan kualitasnya di atas lapangan.

Dengan kehadiran tiga pemain di atas maka jumlah pemain Jepang di Liga 1 kini sudah ada enam pemain. Sebelumnya sudah ada Renshi Yamaguchi, Kei Hirose, dan Marukawa yang masih akan melanjutkan kariernya di Indonesia.

Bukan tidak mungkin jumlahnya masih akan bertambah. Mengingat beberapa klub belum memenuhi kuota pemain asing asal Asia.

Naluri berkelana di negeri orang

Pemain Jepang memang banyak tersebar di berbagai belahan dunia, meski belum sebanyak sebaran pemain Brasil. Persaingan yang ketat di dalam negeri membuat para pemain Jepang merantau untuk mendapatkan jam terbang di negara lain.

Marukawa misalnya yang tak pernah sekalipun bermain untuk klub lokal Jepang. Sebelum ke Persebaya, ia memperkuat klub Malta, Valletta, yang dibelanya selama semusim pada 2020. Sebelum itu, ia juga bermain dua musim bersama klub Malta lainnya yakni Senglea Athletic dan Senglea Athletic.

Tiga pemain Jepang baru di Liga 1 dan tiga pemain Jepang yang sudah bermain di Indonesia punya kisah-kisah yang mirip dengan Marukawa. Ryota Noma misalnya yang sebelumnya bermain di Montenegro, Serbia, Rusia, dan Tajikistan.

Meski dengan karier seperti itu, Marukawa sukses menjadi bintang di Indonesia. Ia pun langsung terpilih sebagai pemain terbaik berkat berkat 17 gol 10 assist.

Barito, Rans Nusantara, serta calon perekrut pemain Jepang lainnya mau kesuksesan Marukawa terulang. Bisa jadi tren pemain Asia di Liga 1 berubah dari yang tadinya sempat didominasi pemain-pemain asal Asia Tengah dan Asia Barat.