Pramusim Liga 1 Mepet dengan AFC Cup, Pelatih PSM Pusing 7 Keliling?

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares mengakui harus putar otak karena gelaran piala pramusim dan AFC Cup 2022 berdekatan. Dia lantas siapkan strategi agar bisa maksimal di dua ajang tersebut.

Bagi Tavares, hal yang lumrah dalam sepak bola, saat klub mengikuti beberapa kejuaraan. Karenanya, dia mengingatkan para pemain PSM agar selalu siap dan tetap jaga kondisi fisik.

Ajang pramusim jelang Liga 1 2022/23 cukup krusial dan bisa jadi pemanasan bagi PSM sebelum turun di AFC Cup.

Pramusim dijadwalkan mulai 11 Juni, sementara Juku Eja bertanding di AFC Cup mulai 24 Juni.

“Memang bisa dikatakan kami secara harus bermain dengan jadwal padat, tapi inilah sepak bola,” buka Tavares.

“Jika tak bisa mainkan pemain yang sama di dua kompetisi berbeda, maka itu kesempatan buat pemain lain buat unjuk gigi,” imbuhnya.

Untuk menghadapi dua kejuaraan itu, PSM Makassar mulai lakukan persiapan dengan gelar laga uji coba. Tim juara Piala Indonesia 2019 itu telah lawan PSIS Semarang dan kalah 1-2, serta bermain imbang 1-1 kontra Persita Tangerang.

Bernardo Tavares mengatakan timnya harus tingkatkan kemampuan, berkaca dari dua laga uji coba. Tim Juku Eja masih banyak kekurangan karena dihuni banyak pemain muda.

“Semua pemain sudah tampil bagus, ada Yakob (Sayuri), Wiljan (Pluim), tapi kami harus tingkatkan stamina. Kami butuh menit bermain lebih karena sudah ada kejuaraan berikutnya,” ujar Tavares usai laga uji coba lawan Persita, Rabu (01/06/22).

“Kami punya pemain muda dari akademi di posisi kiper dan ada pemain dari Liga 2 di posisi belakang. Mereka belum banyak pengalaman, jadi harus bekerja keras dan tunjukan bahwa mau kembangkan diri,” tuntasnya.

Pada turnamen pramusim, PSM ada di Grup D bersama Arema FC, Tira Persikabo dan Persik Kediri. Empat tim itu akan bertanding Malang.

Sementara di AFC Cup, PSM Makassar berada di Grup H bersama tiga pesaingnya yakni Kuala Lumpur City, Shan United dan Tampines Rovers. Malaysia akan jadi tuan rumah dengan sistem setengah kompetisi.

Hanya saja, Shan United memutuskan mundur, jadi PSM hanya melawan Kuala Lumpur dan Tampines.

1 Comment

  1. Bagaimana tidak pusing, yg diminta pemain pengalaman Liga 1 yg datang pemain liga 2 dan liga 1 yang jarang dturunkan oleh pelatih

Comments are closed.