Kurang Istirahat, Elkan Baggott Tetap Siap Tempur Membela Timnas Indonesia di FIFA Matchday

Elkan Baggott menyambut antusias duel FIFA Matchday antara Timnas Indonesia melawan Bangladesh, Rabu (1/6/2022). Meskipun kurang istirahat, namun Elkan Baggott tetap siap tempur untuk duel tersebut.

Elkan Baggott sudah tiba di Indonesia sejak Kamis (26/5/2022). Setelah itu, pemain Ipswich Town itu langsung bergabung dengan skuad Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong.

Saat ini, Elkan Baggot menyebut kondisinya berangsur membaik setelah melakukan perjalanan panjang dari Inggris. Elkan Baggott menyatakan kesiapannya untuk bisa dipercaya bermain dalam duel tersebut.

“Kondisi saya semakin membaik. Memang hanya sedikit beristirahat sebelum saya datang ke sini, namun pelan-pelan semakin membaik,” kata Elkan Baggott.

Laga melawan Bangladesh bakal menjadi bagian dari persiapan Timnas Indonesia untuk tampil di putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Selain itu, laga ini juga bisa dimaksimalkan untuk memperbaiki peringkat FIFA.

Elkan Baggott sadar laga melawan Bangladesh sangat krusial buat Timnas Indonesia. Elkan bertekad memberikan hasil terbaik untuk laga tersebut bersama Timnas Garuda.

“Tentu ini akan menjadi pertandingan penting untuk kami karena FIFA Matchday. Kemudian ada Kualifikasi Piala Asia. Untuk itu, kami harus melakukan persiapan sebaik mungkin,” tegas pemain berusia 19 tahun itu.

Laga melawan Bangladesh akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung. Ini menjadi laga internasional pertama yang digelar di Jawa pada masa pandemi COVID-19.

Elkan Baggott mengaku buta dengan kekuatan Bangladesh. Namun, ada seorang pemain Bangladesh yang ternyata dikenalnya.

Pemain yang dimaksud adalah Yousuf Zulqurnain Hoque, penyerang dengan dua kewarganegaraan, yaitu Bangladesh dan Inggris. Elkan Baggott memperkirakan kualitas yang dimiliki pemain Bangladesh tak berbeda dengan rekannya di Ipswich Town U-19 itu.

“Saya sejujurnya kenal satu pemain Bangladesh di ketika bermain di tim U-19 klub saya, jadi saya memperkirakan kualitasnya mirip. Saya pikir kami harus menang karena ada juga ekspektasi tinggi untuk menang,” ucap Elkan Baggott.

Sementara itu, Pelatih Shin Tae-yong memastikan persiapan Timnas Indonesia lancar jelang laga FIFA Matchday melawan Bangladesh. Laga ini akan dimanfaatkan untuk menambah poin pada ranking FIFA.

Selain itu, laga ini juga akan dimanfaatkan untuk persiapan ke Kualifikasi Piala Asia 2023. Timnas Indonesia akan tergabung di Grup A bersama Kuwait, Yordania, dan Nepal.

“Sudah lihat tadi, suasana sangat baik, kemauan pemain sudah baik, dan kemampuan mental pemain juga semakin membaik,” ucap Shin Tae-yong.