Pelatih Persik Klaim Liga 1 2022/2023 Lebih Berat Ketimbang Musim Lalu

Para kontestan terus mengasah skuat masing-masing agar bisa bersaing di Liga 1 2022/2023. Termasuk Persik Kediri yang melakukan perombakan tim cukup signifikan.

Manajemen dan pelatih Javier Roca telah memilih pemain terbaik sesuai kebutuhan tim. Perubahan besar ini dilakukan agar Persik bisa menembus posisi lima besar musim depan.

“Saya puas dengan usaha manajemen yang telah merekrut pemain sesuai rekomendasi saya. Bagi saya, ini skuat terbaik musim ini. Kami akan kerja keras supaya bisa memenuhi target dari manajemen,” kata Javier Roca.

Persik Kediri memiliki tiga pemain asing mumpuni di posisi masing-masing. Arthur Felix Silva, Renan Silva, dan Rohit Chand telah teruji kualitasnya di Liga 1.

Sementara, suporter Persik Kediri masih diliputi kekhawatiran terhadap kemampuan Joanderson de Assis. Maklum striker asal Brasil ini debutan di Indonesia.

Penggawa anyar lokal yang diboyong Persik juga punya jam terbang tinggi di kasta tertinggi Indonesia. Ada Fandry Imbiri, Feri Pahabol, Riyatno Abiyoso, Rahel Radiansyah, dan Arsyad Yusgiantoro.

Bagaimana pandangan Javier Roca pada musim keduanya bersama Persik?

“Tiap musim punya tantangan berbeda. Tahun kemarin momen cukup sulit bagi kami. Saya datang ketika posisi Persik sedang tidak bagus. Tapi berkat kerja keras semua elemen tim, kami bisa menutup kompetisi dengan hasil bagus,” ucapnya.

Namun dari pengamatan pria asal Chile ini, dengan materi pemain lebih bagus, bukan berarti langkah Persik bakal lebih mudah musim depan.

“Tantangan dan tanggungjawab lebih besar dibanding musim lalu. Apalagi musim ini, saya yang memilih pemain. Saya tetap butuh dukungan manajemen, pemain, dan suporter untuk meraih hasil terbaik musim nanti,” ujarnya.

Dari faktor eksternal, Javier Roca melihat persiapan klub-klub lain juga berpengaruh terhadap jalannya kompetisi nanti.

“Semua klub serius membangun tim. Musim nanti dengan format kandang tandang dan disaksikan penonton di stadion akan menambah tinggi tensi Liga 1. Setelah dua tahun selama Corona tak bisa menyaksikan langsung pertandingan, suporter pasti akan ramai-ramai ke stadion ,” tuturnya.

Javier Roca juga menyorot kekuatan tiga tim promosi, Persis, RANS Cilegon FC, dan Dewa United yang sangat siap berlaga di Liga 1.

“Saya tak melihat ketiganya sebagai tim promosi. Mereka punya fasilitas dan finansial bagus. Jadi, saya kira posisi kita sekarang setara. Motivasi mereka juga pasti sangat tinggi. Jadi musim depan akan lebih gila daripada musim lalu,” jelasnya.