Stefano Lilipaly Belum Pikirkan Laga Di Kuwait, Fokus Hadapi Bangladesh

Gelandang timnas Indonesia Stefano Lilipaly belum memikirkan rangkaian pertandingan di Grup A babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023 pada bulan depan di Kuwait, dan hanya fokus mempersiapkan diri bersama skuad Garuda.

Lilipaly menjadi salah satu pemain yang dipanggil untuk memperkuat timnas senior di kualifikasi Piala Asia. Sebelum menghadapi ajang sesungguhnya, timnas senior terlebih dulu melakoni pertandingan uji coba melawan Bangladesh di Bandung, Rabu (1/6).

Mantan penggawa Bali United itu mengutarakan, pertandingan melawan Bangladesh sangat penting bagi timnas senior, karena menjadi ajang persiapan sebelum mereka bertolak ke Kuwait. Lilipaly optimistis timnas senior akan mendapatkan hasil yang bagus melawan negara peringkat 188 dunia tersebut.

“Kami fokus dulu untuk melawan Bangladesh. Ini latihan perdana saya dengan tim. Saya lihat banyak pemain muda dengan kualitas dan potensi yang luar biasa. Harapan saya, kami bisa mendapatkan hasil terbaik,” kata Lilipaly dikutip laman resmi PSSI.

Lilipaly merasa senang akhirnya bisa kembali memperkuat timnas senior setelah absen selama dua tahun. Pelatih Shin Tae-yong juga sebetulnya sudah sejak lama tertarik menggunakan jasa Liliplay.

Pada Februari 2020, Tae-yong sempat memanggil Lilipaly. Hanya saja, pemain blasteran ini tidak bisa maksimal, karena terkendala kebugaran, sehingga menjalani latihan terpisah.

Selepas itu, Lilipaly tidak mendapat pemanggilan lagi, karena Tae-yong lebih memilih memakai pemain muda, termasuk di Piala AFF 2020 kala tampil sebagai runner-up.

“Saya bangga sekali bisa bermain lagi bersama timnas setelah dua tahun tidak bermain bersama timnas. Itu sangat penting buat saya juga,” ucap penggawa anyar Borneo FC tersebut.

“Saya menikmati latihan, dan fokus untuk pertandingan ke depan, dan juga [kualifikasi] Piala Asia. Saya merasa nyaman dengan pemain, pelatih, dan diri sendiri.”

Setelah melakoni FIFA Matchday kontra Bangladesh, timnas senior akan bertolak ke Kuwait untuk menjalani rangkaian pertandingan babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023 yang berlangsung pada 8 hingga 14 Juni.

Timnas senior tergabung di Grup A bersama Kuwait, Yordania, dan Nepal. Indonesia terlebih dulu menghadapi tuan rumah pada 8 Juni, dan selang empat hari kemudian bertemu Yordania. Nepal akan menjadi lawan terakhir timnas senior pada 14 Juni. (Goal.com)