Uji Coba Sesama Tim Liga 1 Kian Marak, Pelatih Persib Enggan Latah Ikut-ikutan

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, menanggapi dua pertandingan uji coba yang digelar sesama peserta Liga 1 2022-2023 dengan disaksikan penonton pada Minggu (22/5/22).

Ada pun laga uji coba tersebut mempertemukan Persebaya Surabaya dan Persis Solo di Stadion Gelora Bung Tomo, serta Arema FC kontra PSIS Semarang di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Menurut Robert, setiap tim memiliki agenda persiapan masing-masing untuk menyambut Liga 1 2022-2023 dengan tujuan berbeda tergantung kebutuhan.

“Saya tidak tahu agenda dan berapa lama mereka sudah berlatih, tapi mungkin itu trial untuk beberapa pemain, menyeleksi pemain asing atau pemain lokal. Setiap tim tentu memiliki kebijakan masing-masing,” kata Robert Rene Alberts.

Persib sebenarnya bisa melakukan hal serupa, hanya saja Robert enggan terburu-buru lantaran masih terlalu dini jika Persib Bandung menggelar uji tanding.

Pasalnya, tim kebanggaan Bobotoh baru saja memulai latihan pada Selasa (17/5/22), sehingga kondisi skuat dipastikan belum siap untuk melakoni pertandingan.

Persib menutup program latihan dengan menggelar game internal di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Sabtu (21/5/22). Materi tersebut berlangsung selama empat kali 20 menit.

“Tapi menurut saya terlalu dini untuk memulai menggelar latih tanding ketika baru berlatih seminggu. Jadi kami tak melakukan itu, tapi jika ada tim yang melakukan itu, ya mereka punya programnya sendiri,” jelas Robert.

Sementara itu, skuat Maung Bandung menggandakan pemusatan latihan atau Training Center (TC) di Batam pada masa persiapan untuk menghadapi Liga 1 2022-2023.

Robert Rene Alberts mengatakan bahwa pemusatan latihan Persib rencananya akan berlangsung sekitar 10 hari pada awal Juni mendatang. Pihaknya dan manajemen masih mematangkan rencana agar TC bisa berjalan lancar.

“Di Batam, dari tanggal 2 hingga 12 Juni. Kami kini sedang merampungkan hal detailnya, tapi yang pasti rencananya sudah dikonfirmasi,” jelasnya.

Pemusatan latihan di Batam bukan yang pertama bagi Persib Bandung karena mereka sudah pernah menggelar TC di sana pada musim-musim sebelumnya.

Mantan pelatih PSM Makassar ini menuturkan, program TC untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 2022-2023 mendapatkan dukungan dari Viking Batam.

“Kami akan mendapat dukungan dari Viking Batam yang mana mereka juga pernah mendukung kami di sana sebelumnya. Manajemen juga sudah positif, kini kami sedang mengurus detailnya,” ucap Robert Rene Alberts.

Selama pemusatan latihan, Robert mengagendakan dua pertandingan uji coba, yakni di Batam dan Singapura. Namun, lawan yang bakal dihadapi oleh Persib masih belum diketahui .

“Rencananya adalah saya sudah bicara dengan dua tim asal Singapura dan kami bisa memainkan satu laga di Singapura dan satu lainnya di Batam,” cetus Robert Rene Alberts.

Menurut pelatih asal Belanda ini, rencana uji coba menghadapi tim asal Singapura harus dipersiapkan dengan matang lantaran ada gelombang panas di sana.

“Masalahnya adalah waktu dari perjalanan. Sedang ada gelombang panas, jadi kami harus berhati-hati ketika bermain,” ungkap Robert Alberts.

Robert menilai cukup berisiko jika anak asuhnya tetap bertanding dengan cuaca panas membara karena bisa membahayakan kondisi pemain Persib.

“Sekarang masih dalam masa pramusim dan pemusatan latihan, tentunya kami tak ingin mengambil risiko terlalu banyak. Suhu di sana bisa mencapai 40 derajat dan itu tidak baik untuk pemain,” pungkasnya.