Bali United Tak Akan Gadaikan AFC Cup demi Kompetisi Pra-musim

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra, menegaskan akan memprioritaskan AFC Cup di atas kompetisi pra-musim lainnya. Fokus Bali United adalah melaju sejauh mungkin dalam kompetisi kasta kedua antarklub benua Asia tersebut. Seperti diketahui, Bali United dihadapkan jadwal padat pada bulan Juni hingga jelang bergulirnya Liga 1 2022-23 pada akhir Juli 2022.

Setidaknya ada tiga agenda bergengsi, yakni Piala Walikota Surabaya, satu kompetisi pramusim yang digagas PT LIB dan AFC Cup. Piala Walikota Surabaya rencananya akan bergulir pada 4-9 Juni 2022. Satu kompetisi pramusim gagasan PT LIB dikabarkan akan bertajuk Piala Presiden 2022 dan akan dilangsungkan pada Juni. Sedangkan pada 24 Juni sampai 30 Juni 2022, tim berjuluk Serdadu Tridatu akan menjalani pertandingan babak penyisihan grup AFC cup.

Banyaknya agenda yang dihadapi membuat Bali United harus membuat skala prioritas.

“Kami juga masih menunggu jadwal Piala Presiden. Tapi yang pasti kami fokus ke AFC Cup,” tegas pelatih asal Brasil. Pernyataan Stefano Cugurra ini menghadirkan rasa lega untuk suporter. Sebab pada 2018 Bali United membuat keputusan kontroversial dengan memprioritaskan Piala Presiden di atas AFC Cup.

Kala itu, Piala Presiden dan AFC Cup digelar bersamaan. Bali United yang menjadi perwakilan Indonesia terkesan melepaskan AFC Cup dan lebih memprioritaskan Piala Presiden. Jalan yang diambil pun unik, Bali United sempat membagi tim menjadi dua untuk ikut serta pada masing-masing kompetisi.

Tim pertama yang berisi tim utama Bali United dan pelatih Hans Peter Schaller mentas di Piala Presiden. Sementara di AFC Cup Bali United mengirimkan para pemain pelapis dan dipimpin Widodo Cahyono Putro. Hasilnya, Bali United jadi bulan-bulanan di Grup G dan menjadi juru kunci.

Di Piala Presiden pun tidak maksimal, karena Bali United terhenti pada babak semifinal. Mereka kalah tiga gol tanpa balas dari Persija Jakarta yang kala itu ditangani Stefano Cugurra. Soal keputusan kontroversial itu, Stefano Cugurra ogah berkomentar. Ia menegaskan, di bawah kepelatihannya AFC Cup jadi prioritas.

“Saya tidak ada di tim 2018, saya tidak bisa komentar. Tapi sekarang kami pasti fokus di AFC Cup,” ungkapnya.