Persib Berikan Waktu Libur Bagi Pemain Timnas U-23

Tim nasional Indonesia U-23 akan segera menyelesaikan misi bela negara. Timnas Indonesia U-23 akan bertemu dengan Malaysia U-23 untuk memperebutkan medali perunggu pada Ahad (22/5/2022).

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts mengapresiasi kerja keras tiga pemainnya, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya dan Marc Klok yang berjuang untuk Indonesia. Dia mengakui akan memantau kondisi terlebih dahulu dari pemainnya.

“Kita lihat dulu laga terakhir dan setelah itu mereka akan terbang pulang. Saya yakin mereka merasakan kelelahan secara fisik dan mental setelah bermain di SEA Games,” kata Robert di Stadion Sidolig, Kota Bandung, Sabtu (21/5/2022).

Untuk itu, Robert akan mendiskusikan terlebih dahulu pemainnya untuk memutuskan apakah akan diberikan libur atau langsung bergabung dengan tim. Mengingat tim bermain dengan intensitas tinggi sejak laga perdana melawan Vietnam.

“Saya akan diskusi dengan pemain apakah mereka butuh waktu recovery atau perlu bertemu dulu dengan keluarga. Jadi tidak terburu-buru untuk mereka karena mereka juga akan tetap bermain di level tertinggi di Asia Tenggara,” kata Robert.

Robert memprioritaskan kondisi pemainnya untuk tetap fit. Karena dari segi fisik, kebugaran ketiga pemain timnas ini lebih unggul dibandingkan pemain lainnya.

“Jadi jika tidak berlatih selama beberapa hari itu bukan masalah bagi mereka,” kata Robert.

Sebenarnya, Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya tidak akan bermain di laga terakhir timnas U-23. Keduanya mendapatkan kartu merah dari wasit ketika menghadapi Thailand U-23.

Robert sendiri tidak ingin mengomentari lebih jauh apa yang dilakukan oleh kedua pemainnya. Baginya, sebagai pelatih klub hanya akan mendukung pemainnya di timnas.

“Jika ada yang perlu didiskusikan, maka saya akan bicara secara tertutup dengan pemain tersebut. Saya tidak ingin mengomentari tim nasional dan tugas kami kami hanya mendukung tim nasional,” kata Robert. (Republika)