Selain Dejan Antonic, Barito Putera Boyong Eks Pelatih Timnas Serbia dan Kamboja ke Liga 1

Dejan Antonic turut memboyong pelatih asing berpengalaman untuk menambah prestasi Barito Putera di ajang sepak bola nasional, Liga 1 2022-23.

Tak hanya pelatih kepala, Barito Putera nampaknya merombak staf pelatih untuk Liga 1 2022. Tiga pelatih asing anyar akan mengisi daftar pelatih Barito musim ini.

Ralf Rangnick memberikan penilaian terhadap kekalahan 0-1 dari tuan rumah Crystal Palace pada pekan terakhir Premier League musim 2021-22.

Pertama, tentu saja Dejan Antonic yang didapuk sebagai pelatih kepala. Ia resmi diperkenalkan pada Jumat (22/04/22), di sesi ulang tahun Barito Putera yang ke-34.

Dejan Antonic pernah membesut Arema, Pro Duta, Pelita Bandung Raya, Persib Bandung, Borneo FC, Madura United, hingga terakhir kali di PSS Sleman.

Kedua, Barito Putera mendatangkan asisten pelatih yang juga berasal dari Serbia, yakni Mladen Docic. Bersama Dejan, ia pernah menukangi PSS Sleman di Liga 1 2021 lalu.

Namun, rekam jejak Mladen Docic justru lebih mentereng. Ia pernah menjadi pelatih kepala Timnas Serbia U-23 pada 2014 lalu.

Mladen Docic juga pernah membesut sejumlah klub Serbia, salah satunya Radnic Surdulica, tim yang pernah mendatangkan pemain asal Indonesia, Witan Sulaeman.

Nama ketiga, yakni Luis Fernando Vitorino, pelatih kiper berkebangsaan Brasil. Sosok ini sudah lebih dahulu tiba di Banjarmasin dan memimpin latihan Laskar Antasari.

Luis Fernando Vitorino memang baru kali pertama melatih di Indonesia. Tapi catatan karirnya tak main-main. Ia pernah menjabat sebagai pelatih Timnas Kamboja tahun 2017.

Selain itu, Luis Fernando Vitorino juga pernah melatih di berbagai klub Kamboja, sebut saja Pnom Phen Crown dan Visakha.

Datangnya Dejan Antonic dan dua asisten pelatih asing membuat Barito Putera harus melepas sejumlah nama pelatih musim lalu.

Pelatih fisik, Vitor Tinoco, nampaknya sudah tidak masuk dalam list daftar pelatih Barito. Demikian pula dengan pelatih kiper, Ismairi.

Sebagai gantinya, Dejan membawa eks pelatih Timnas Serbia U-23, Mladen Docic, dan eks pelatih kiper Timnas Kamboja, Luis Fernando Vitorino, ke skuat Barito Putera.

Bukan tanpa alasan Dejan ingin mendatangkan asisten sendiri. Pasalnya, prestasi Barito Putera musim lalu cukup minor, sehingga harus ada perombakan.

“Kita berubah (staf pelatih), pasti ada asisten pelatih dari negara saya, seperti kemarin, saya bawa mantan pemain dan pelatih Timnas Serbia U-23, bagus sekali,

“Dia (Mladen Docic) juga punya banyak experience sama pemain muda, semoga tidak ada kendala,” ungkap Dejan saat ia menjadi bintang tamu Jebret Media TV.

Namun, bukan hanya pelatih, Dejan tentu saja melakukan banyak perombakan di daftar pemain Barito untuk Liga 1 2022.

Sebagaimana disebutkan, Dejan Antonic juga mau Laskar Antasari mengorbitkan beberapa pemain muda pada musim ini.

“Saya mau bawa darah yang baru, orang dengan ide yang baru, kasih pengalaman untuk pemain. Kita sudah serius, pemain harus lebih serius dari kita,” imbuhnya.