Uji Coba Persebaya Vs Persis, Jacksen Tiago Ingin Berikan Tontonan Menarik untuk Warga Surabaya

Laga uji coba bertajuk Surabaya 729 Game akan mempertemukan Persebaya Surabaya kontra Persis Solo. Laga ini akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya pada Minggu (22/5/2022) sore WIB.

Laga ini bukan hanya sekadar uji coba biasa. Melainkan juga sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-729 kota Surabaya.

Pelatih Persis Solo, Jacksen F. Tiago berharap yang terbaik dari laga ini. Terutama agar laga ini bisa menghibur masyarakat.

“Semoga kami bisa memberikan tontonan yang luar biasa untuk warga Surabaya,” ujar Jacksen.

Jacksen bukan sosok yang asing bagi warga Surabaya. Ia pernah menjadi bagian dari Persebaya Surabaya baik ketika masih aktif bermain maupun ketika ia sudah menjadi pelatih.

“Sebenarnya saya tidak merasa tamu di sini karena domisili masih di Surabaya. Saya cuma mengawal saja tim Persis Solo, tapi saya merasa di rumah sendiri. Saya sangat nyaman bisa berkumpul dengan teman-teman lagi,” sambungnya.

Pelatih yang sempat juga lama di Persipura Jayapura itu menyatakan laga ini datang dalam waktu yang tepat. Sebab, pemain butuh laga uji coba yang kompetitif setelah menjalani libur Lebaran.

“Persiapan sudah jelas. Kami punya waktu yang cukup panjang untuk melakukan persiapan uji coba. Pertandingan ini pas setelah kami merayakan lebaran. Sehingga kami melakukan persiapan maksimal sekitar enam hari,” jelasnya.

Namun, ada satu hal yang menjadi kekhawatiran bagi Jacksen. Yakni kemungkinan cedera yang dialami para pemain asuhannya.

“Saya rasa dengan kondisi seperti itu, sebagai pelatih saya punya resep-resep yang bisa kami siapkan. Jelas, kami siapkan kondisi terbaik. Kekhawatiran kami cuma satu, cedera, karena pemain tidak bisa seratus persen menjalankan pertandingan dengan tekanan yang hadirnya penonton. Kami akan siap dengan segala keterbatasan waktu yang ada,” tandasnya.

Laga antara tuan rumah Persebaya melawan Persis ini juga bakal jadi laga yang historis. Ini bakal jadi pertandingan sepak bola dengan penonton terbanyak di sepanjang era Pandemi Covid-19.

Sebab, laga ini bisa dihadiri penonton. Totalnya mencapai 75 persen dari kapasitas Stadion Gelora Bung Tomo.

Suporter setia Persebaya, Bonek pun sangat antusias menyambut laga ini. Mereka hampir dipastikan akan memenuhi kuota penonton yang ada di stadion.

Tak hanya itu, suporter Persis pun tak kalah antusias. Ribuan pendukung Laskar Sambernyawa sudah berangkat dari Solo menuju Surabaya untuk menyaksikan laga ini.

Persis Solo akan berkekuatan 30 pemain dalam lawatan ke kandang Persebaya Surabaya ini. Sejumlah wajah baru akan disiapkan pelatih Jacksen F Tiago.

Hanya saja, Persis dipastikan tidak menurunkan satu pun pemain asingnya di pertandingan nanti. Pasalnya, tim Laskar Sambernyawa belum mengumumkan pemain asing barunya musim ini.

Sementara yang menarik adalah akan menjadi ajang reuni antara striker baru Persis, Samsul Arif yang melawan bekas timnya. Seperti diketahui, Samsul Arif menjadi andalan Persebaya di BRI Liga 1 musim lalu.

Sementara di kubu tim tuan rumah, sejumlah pemain baru memang harus segera menyesuaikan diri dengan permainan Persebaya. Maklum saja, Bajul Ijo melakukan banyak perubahan komposisi skuat karena mayoritas pemain bintang musim lalu memilih hengkang.

Di sisi lain, Persebaya sudah melakukan persiapan sejak pekan lalu, tepatnya mulai latihan perdana pada Senin (9/5/2022). Artinya, terdapat waktu hampir dua pekan buat mereka untuk menyatukan visi dan misi tim musim ini.

“Saya tidak mungkin menuntut pemain secara maksimal baru beberapa hari kami latihan. Yang terpenting bagaimana anak-anak ini sudah mulai mengarah ke permainan yang saya inginkan, bagaimana filosofi bermain. Itu yang paling penting,” beber pelatih Persebaya, Aji Santoso. (Bola.com)