Perebutan Perunggu SEA Games 2021: Mengenang 3 Kemenangan Fantastis Timnas Indonesia Vs Malaysia

Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Malaysia pada perebutan perunggu SEA Games 2021, Minggu (22/5/2022). Sejumlah kenangan pahit pernah dirasakan Merah Putih saat bersua negeri tetangga.

Timnas Indonesia U-23 gagal menembus final SEA Games 2021 cabang olahraga sepak bola setelah ditekuk Thailand dengan skor 0-1. Itu adalah kekalahan ke-7 skuad Garuda dari lawan yang sama di babak semifinal.

Malaysia juga merasakan penderitaan yang sama. Anak asuh Brad Maloney ini tumbang 0-1 dari Vietnam, di mana gol juga tercipta pada babak tambahan.

Pertemuan Timnas Indonesia U-23 versus Malaysia bukan kali pertama tersaji. Rivalitas di antara kedua kesebelasan sudah berlangsung berpuluh-puluh tahun, di mana baik Harimau Malaya dan Garuda kerap saling mengalahkan.

Berikut ini Bola.com merangkum tiga memori manis yang pernah direngkuh Timnas Indonesia U-23 atas Malaysia.

Piala AFF 2020

Masih hangat di benak pencinta sepak bola Tanah Air saat sundulan Elkan Baggott, tendangan geledek Pratama Arhan, dan dua gol Irfan Jaya membuat Timnas Indonesia berpesta atas Malaysia pada ajang Piala AFF 2020.

Penampilan Egy Maulana Vikri dkk. pada laga tersebut sangat impresif. Apalagi Malaysia memimpin lebih dulu menit 13′ melalui Kogileswaran Raj menit 13′.

Namun Irfan Jaya membalas kesalahan yang berujung pada gol ke gawang Nadeo Argawinata dengan dua golnya pada babak pertama. Pratama Arhan dan Elkan Baggott kemudian menambah derita Malaysia sehingga laga berakhir 4-1.

Piala AFF 2004

Pada semifinal Piala AFF 2004, dalam laga yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 28 Desember 2004, Timnas Indonesia justru dibungkam Malaysia dengan skor 1-2. Unggul lebih dulu lewat gol Kurniawan Dwi Yulianto saat laga baru enam menit berjalan, Tim Garuda akhirnya kalah karena dua gol Liew Kit Kong pada menit ke-28 dan 47′.

Namun, karena untuk edisi ini semifinal digelar dengan dua leg, Timnas Indonesia masih punya kesempatan untuk membalas, meski untuk itu harus dilakukan di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, pada 3 Januari 2005. Pembalasan itu pun sukses terjadi.

Tak tanggung-tanggung, Timnas Indonesia menang cukup telak 4-1 atas Malaysia di depan pendukung Harimau Malaya. Seperti halnya di SUGBK, tim tuan rumah unggul lebih dulu lewat gol Muhamad Khalid bin Jamlus pada menit ke-28 yang bertahan hingga babak pertama berakhir.

Namun, Timnas Indonesia bangkit pada babak kedua. Empat gol lahir pada 45 menit kedua pertandingan tersebut, mulai dari gol yang dicetak oleh Kurniawan Dwi Yulianto pada menit ke-59, Charis Yulianto pada menit ke-74, Ilham Jaya Kesuma pada menit ke-77, dan Boaz Solossa pada menit ke-84.

Piala AFF 2010

Timnas Indonesia mengawali Piala AFF 2010 dengan kemenangan meyakinkan atas Malaysia. Tim yang diperkuat Cristian Gonzales dan Irfan Bachdim itu berhasil menang telak 5-1 atas Malaysia pada laga pertama Grup A di Stadion Utama Gelora bung Karno, Jakarta, pada 1 Desember 2010.

Sempat kebobolan lebih dulu oleh Norshahrul Idlan Talaha pada menit ke-18, Timnas Indonesia kemudian unggul 2-1 hingga babak pertama berakhir lewat gol bunuh diri Asraruddin Putra Omar pada menit ke-22 dan Cristian Gonzales pada menit ke-33.

Sementara pada babak kedua, Timnas Indonesia menambah tiga gol lagi yang dicetak oleh M. Ridwan pada menit ke-52, Arif Suyono pada menit ke-76, dan Irfan Bachdim pada masa injury time. (Bola.com)