Menang Adu Penalti Lawan, Indonesia Raih Medali Perunggu SEA Games 2021

Timnas Indonesia U-23 berhasil meraih medali perunggu SEA Games 2021. Pasukan Shin Tae-yong mengalahkan Malaysia U-23 lewat adu penalti di Stadion Nasional My Dinh, Minggu (22/5).

Tekanan langsung dilancarkan Malaysia saat pertandingan dimulai. Armada Brad Maloney tersebut menebar acaman dan berupaya untuk mencetak gol cepat dalam pertandingan ini.

Mendapat tekanan, pemain timnas Indonesia U-23 tidak panik. Secara tenang pasukan Garuda Muda mematahkan serangan yang dibangun Malaysia.

Bahkan, timnas Indonesia U-23 yang hampir unggul lebih dulu. Sayang sepakan yang dilepaskan Witan Sulaeman masih mampu diantisipasi kiper Malaysia Muhamad Rahadiazli.

Tak lama setelah itu giliran Malaysia yang punya kesempatan cetak gol. Muhammad Safwan melepaskan tembakan mengerah ke gawang yang mampu ditepis Ernando Ari.

Di sisa waktu yang ada, Malaysia mendominasi permainan dan timnas Indonesia U-23 sesekali melancarkan serangan. Akan tetapi, hingga paruh pertama selesai masih tidak gol yang tercipta.

Selepas jeda, Malaysia menggebrak. Muhammad Hadi Fayyadh yang baru masuk melepas tembakan keras memanfaatkan kesalahan lini belakang timnas Indonesia U-23 yang masih melebar tipis di sisi gawang.

Marc Klok nyaris membawa timnas Indonesia U-23 unggul pada menit ke-59. Sayang sepakan kerasnya dari luar kotak penalti usai mendapat umpan Ronaldo Kwateh masih mengenai pemain belakang Malaysia.

Setelah itu, Malaysia yang berkempatan membobol gawang timnas Indonesia U-23. Tembakan keras Muhamad Syahir masih membentur mistar gawang.

Usaha timnas Indonesia U-23 mencetak gol akhirnya terjadi pada menit ke-68. Umpan terobosan Marselino Ferdinan dituntaskan dengan sempurna oleh Ronaldo.

Tertinggal satu gol, Malaysia menaikkan intensitas serangannya. Hanya saja, Ernado tampil gemilang dengan mematahkan sejumlah peluang yang didapatkan Harimau Malaya.

Malaysia mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-81. Tembakan Abdul Razak dari dalam kotak penalti mengenai badan Rizky Ridho sehingga mengecoh Ernando.

Keadaan imbang membuat pertandingan berjalan kian seru. Hanya saja, skor 1-1 tidak berubah hingga pertandingan tuntas sehingga laga dilanjutkan ke adu penalti untuk menentukan pemenang.

Pada babak tos-tosan timnas Indonesia U-23 berhasil memenangkannya dengan skor 4-3. Asnawi Mangkualam menjadi satu-satunya pemain dari Merah Putih yang gagal penalti, sementara dua algojo Malaysia yakni Hadi Fayyadh dan Luqman Hakim sepakannya ditepis Ernando.