Kata Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia Kalahkan Malaysia dan Raih Perunggu SEA Games 2021

Shin Tae-yong menyinggung soal keberuntungan dan keterbatasan pemain setelah timnas Indonesia mampu mengalahkan Malaysia pada laga perebutan medali perunggu SEA Games 2021.

Timnas U23 Indonesia besutan Shin Tae-yong berhasil membawa pulang medali perunggu dari SEA Games 2021 Vietnam usai menaklukkan Malaysia lewat adu penalti.

Bertanding pada laga perebutan medali perunggu sepak bola putra SEA Games 2021 di Stadion My Dinh, Hanoi, pada Minggu (22/5/2022) sore WIB, Indonesia bermain imbang 1-1 dengan Malaysia pada waktu normal.

Tim Garuda Muda lebih dulu unggul melalui gol Ronaldo Joybera Kwateh pada menit ke-69. Namun, Malaysia mampu membalas lewat aksi Hadi Fayyadh pada menit ke-81.

Skor imbang pada waktu normal membuat pemenang laga timnas Indonesia vs Malaysia ditentukan melalui adu penalti.

Dari lima penendang tim Garuda, hanya Asnawi Mangkualam yang gagal. Sementara itu di kubu Malaysia, dua penendang mereka yakni Hadi Fayyadh dan Luqman Hakim Shamsudin gagal menuntaskan tugasnya secara baik.
STY Hanya Punya 14 Pemain yang Siap Tanding

Kemenangan atas Malaysia lewat drama adu penalti pada laga perebutan medali perunggu SEA Games 2021 membuat Shin Tae-yong alias STY memuji para pemain Indonesia.

Sebab, kekuatan timnas Indonesia sangat terbatas ketika bersua Malaysia.

Pada laga ini, tim Garuda kehilangan Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, dan Firza Andika karena skorsing kartu merah.

Sementara itu, kondisi Egy Maulana Vikri yang duduk di bangku cadangan belum fit usai mengalami cedera saat jumpa Thailand di semifinal.

Praktis, STY hanya memiliki 14 pemain siap tanding untuk melawan Malaysia.

“Pertandingan ini sangat sulit bagi kami, tetapi kami bisa mendapatkan kemenangan karena keberuntungan, menangnya pun lewat adu penalti,” kata Shin Tae-yong dalam sesi jumpa pers usai laga Indonesia vs Malaysia.

“Saya berterima kasih kepada para pemain. Jujur, sampai latihan kemarin yang ikut latihan hanya 14 pemain saja dan itu pun dua cadangan,” imbuh juru taktik asal Korea Selatan itu.

Bagi Shin Tae-yong, ini adalah pengalaman pertamanya memimpin tim dengan jumlah pemain sangat sedikit.

Namun, dengan komposisi pemain yang terbatas, Indonesia mampu meraih kemenangan atas Malaysia dan memastikan medali perunggu SEA Games 2021.

Shin Tae-yong pun berterima kasih kepada para pemain yang sudah berjuang memberikan penampilan maksimal di lapangan.

“Saya pertama kali mengalami situasi seperti ini. Skuad yang sedikit ini harus menjalani pertandingan penentuan medali perunggu,” ucap coach Shin.

“Namun, saya tetap berterima kasih kepada para pemain,” kata Shin Tae-yong.

Hasil sepak bola SEA Games 2021 ini membuat timnas Indonesia mengulangi pencapaian pada edisi 2017 di Malaysia.

Kala itu, skuad Garuda juga membawa pulang medali perunggu usai mengalahkan Myanmar dengan skor 3-1 pada laga perebutan tempat ketiga.