Lengkapi Syarat Naturalisasi, Jordi Amat dan Sandy Walsh Tunggu Persetujuan Presiden

Dua pemain keturunan, Jordi Amat dan Sandy Walsh telah rampungkan rangkaian proses naturalisasi pekan ini. Keduanya tampak semringah setelah lewati beberapa proses yang dijadwalkan.

Jordi dan Sandy bahkan kesampingkan keluarga dan kondisi kesehatan pribadi untuk bisa datang ke Indonesia demi jalani proses naturalisasi.

Jordi diketahui terbang ke Jakarta dan meninggalkan istri dan anaknya yang baru dilahirkan 10 hari lalu. Sedangkan Sandy tetap ke Indonesia, meski sedang cedera bahu.

Saat berada di Tanah Air, Jordi telah datang ke kedutaan besar Spanyol pada Senin (16/05/22) dan Sandy berkunjung ke kedutaan besar Belanda pada Rabu (18/05/22) .

Keduanya pun sudah mendapat dokumen tidak keberatan yang dikeluarkan resmi dari kedutaan negara asal, terkait rencana mendapatkan kewarganegaraan Indonesia.

Jordi dan Sandy juga jalani wawancara tertutup dengan Badan Intelijen Negara (BIN) pada Senin (16/05/22) serta rampungkan tes kesehatan pada Selasa (17/05/22). Tes medis disertai tes bebas narkoba pun telah selesai dijalani keduanya.

“Semua rangkaian kegiatan yang dilakukan berkaitan dengan proses naturalisasi Jordi dan Sandy Alhamdulillah berjalan lancar,” kata ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan.

“Kami sudah mendapatkan dokumen-dokumen resmi yang dibutuhkan. Laporannya baik. Semoga bisa diproses lebih lanjut,” imbuhnya.

Dokumen-dokumen yang dibutuhkan seperti surat dari kedutaan negara beserta dokumen pendukung lainnya telah dilaporkan ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Jordi dan Sandy hanya tinggal menunggu persetujuan dari pemerintah dan Presiden RI untuk kemudian jalani sumpah jadi warga negara Indonesia.

Jordi mengatakan senang dengan kunjungannya ke Indonesia. Selain selesaikan proses naturalisasi, dia juga lebih dekat dengan negara nenek moyangnya, termasuk mencicipi makanan Indonesia dan memakai batik.

“Tidak ada kendala yang berarti selama kami berada di sini. Semua orang membantu kami dan sangat ramah setiap harinya,” tutur pemain kelahiran Spanyol itu.

“Saya harap saya bisa segera kembali lagi ke Indonesia dengan kabar baik” ujar Jordi

Setelah menyelesaikan semua agenda di Indonesia, Jordi telah bertolak ke Spanyol pada Kamis (19/05/22) malam. Sementara itu, Sandy tinggal lebih lama beberapa hari lagi.

Sementara Jordi Amat dan Sandy Walsh menjalani sesi tes kesehatan di salah satu rumah sakit di Jakarta, pada Kamis (17/05/22) siang WIB.

Dalam sesi medical check up tersebut, ikut mendampingi perwakilan dari PSSI yakni Head of Medis, Dokter Syarif Alwi. Selama empat jam lamanya, Sandy Walsh dan Jordi Amat menjalani medical check up.

Proses medical check up ini memang menjadi rangkaian Sandy Walsh dan Jordi Amat untuk melengkapi proses naturalisasi keduanya. Hal ini pun diutarakan oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

“Hari ini Jordi dan Sandy menjalani serangkaian tes kesehatan. Ini penting dilakukan karena hasil dari pemeriksaan ini menjadi salah satu persyaratan yang harus dilaporkan ke Kemenkumham,” ucap Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.