Persyaratan Naturalisasi untuk Timnas Indonesia Lengkap, Jordi Amat dan Sandy Walsh Jalani Tes Medis

Dua calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Jordi Amat dan Sandy Walsh, melakukan medical check up pada Selasa (17/5/2022). Kegiatan ini dilakukan untuk melengkapi persyaratan jelang dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Jordi Amat dan Sandy Walsh melakukan pemeriksaan medis secara keseluruhan di rumah sakit yang berada di Jakarta. Selama hampir empat jam, keduanya menjalani serangkaian tes untuk melihat kondisi fisik.

Pemeriksaan kondisi kesehatan menjadi syarat penting dalam proses naturalisasi yang sedang dijalani. Nantinya, hasil pemeriksaan akan diteruskan PSSI kepada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

“Hari ini Jordi dan Sandy menjalani serangkaian tes kesehatan. Ini penting dilakukan karena hasil dari pemeriksaan ini menjadi satu di antara persyaratan yang harus dilaporkan ke Kemenkumham. PSSI terus mengawal proses ini agar semua langkah-langkah yang ditempuh bisa membuahkan hasil yang baik,” kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Selain itu, Jordi Amat dan Sandy Walsh juga menjalani pemeriksaan psikologis. Tujuannya adalah agar keduanya memenuhi syarat sehat secara jasmani dan rohani dalam proses naturalisasi untuk Timnas Indonesia.

Hasil Bagus

Dalam proses medical check up, Jordi Amat dan Sandy Walsh mendapatkan pendampingan secara langsung dari Head Medical PSSI, Dokter Syarif Alwi. Pria yang akrab disapa Papi itu menegaskan hasil pemeriksaan yang bagus dan kedua pemain kandidat naturalisasi Timnas Indonesia dalam kondisi bugar.

“Atas arahan Ketum PSSI saya mendampingi proses tes kesehatan Jordi dan Sandy hari ini. Mereka berdua sudah menjalani rangkaian tes kesehatan dengan baik dan kooperatif. Hasilnya bagus dan mereka dalam kondisi yang fit,” ucap Syarif Alwi.

Setelah pemeriksaan medis, kedua pemain akan mengunjungi Kedutaan Besar masing-masing negara di Jakarta. Mereka akan melengkapi dokumen pendukung naturalisasi.

PSSI menyebut proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh sudah berada pada jalur yang tepat. Proses ini diharapkan bisa segera selesai begitu kedua pemain datang ke Indonesia.

“Pihak Kemenkumham sangat membantu dan mendukung proses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat ini agar selesai dengan cepat,” ucap Yunus Nusi.

Kehadiran Jordi Amat dan Sandy Walsh tentu bakal menjadi tambahan amunisi buat Timnas Indonesia. Keduanya merupakan pemain yang dipilih Shin Tae-yong untuk memperkuat Tim Garuda.

Persaingan Ketat

Timnas Indonesia mendapatkan lawan yang tidak mudah pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Tim asuhan Shin Tae-yong itu akan bersaing dengan Yordania, Kuwait, dan Nepal.

Timnas Indonesia akan menemui jalan terjal untuk bisa tampil di Piala Asia 2023. Saat ini, tersisa 11 tiket yang akan diperebutkan 24 tim.

Jumlah tersebut dirinci menjadi enam tiket langsung ke Piala Asia 2023 yang diraih oleh para juara masing-masing grup. Adapun lima tiket sisanya akan diperebutkan runner-up grup terbaik.

Mereka akan dipertemukan pada klasemen kecil yang terdiri dari semua runner-up dari keenam grup. Artinya, dari enam grup ada satu runner-up yang tidak akan lolos ke Piala Asia 2023.

Jadwal Kualifikasi Piala Asia 2023

8/6/2022 – Kuwait Vs Timnas Indonesia
11/6/2022 – Timnas Indonesia Vs Yordania
14/6/2022 – Timnas Indonesia Vs Nepal