Ada yang ke Persib, PSS hingga Barito Putera, Manajer Persipura ‘Senggol’ Pemain yang Pilih Pergi

Sejumlah pemain bintang Persipura Jayapura memilih hengkang setelah tim asal Papua tersebut turun kasta ke Liga 2 2022.

Sejauh ini, enam pemain Persipura Jayapura memilih hengkang dan bergabung dengan klub lain, sebagian memilih keluar lantaran selesai kontrak

Mereka adalah David Rumakiek dan Fitrul Dwi Rustapa yang pindah ke Persib Bandung. Kemudian Donny Monim ke Barito Putera dan Dede Sulaiman ke Persita Tangerang.

Lalu, Todd Rivaldo Ferre ke PSS Sleman seusai kontraknya di Persipura diputus manajemen. Terakhir, giliran Ricky Ricardo Cawor yang memilih bergabung bersama Persija Jakarta.

Jumlah ini bisa saja semakin bertambah, mengingat banyak pemain Persipura yang kontraknya telah selesai.

Manajer Persipura Jayapura, Yan Permenas Mandenas, akhirnya buka suara dan sedikit menyenggol banyaknya pemain yang pindah.

Menurut pria yang juga menjabat sebagai anggota DPR RI fraksi Partai Gerindra, pemain-pemain tersebut seperti kacang lupa kulit.

“Mereka lupa tumbuh besar dari SSB di Papua dan klub yang menjadi kebanggaan masyarakat Papua, Indonesia, dan di tingkat internasional, yakni Persipura Jayapura,” kata Yan Mandenas kepada Tribun-Papua.com, Jum’at (13/5/2022).

Padahal, menurut Yan Mandenas, manajemen Persipura sendiri juga sedang berupaya memperpanjang kontrak pemain yang telah berakhir.

Namun, sayangnya, pemain-pemain tersebut lebih memilih menerima tawaran dari klub lain di luar Papua.

“Dalam tahapan ini, Persipura tengah bernegosiasi, tapi pemain muda kita tidak bisa tahan nafsu mereka,” ujarnya.

Oleh karena itu, Yan Mandenas sangat menyayangkan keputusan yang telah diambil oleh para pemain.

Pasalnya, Persipura masih membutuhkan jasa dan tenaga pemain-pemain lokal untuk persiapan mengarungi kompetisi Liga 2.

“Begitu ada tawaran, mereka langsung merespons cepat,” katanya.

Persija Jakarta secara resmi memperkenalkan satu pemain baru lagi jelang kompetisi Liga 1 2022/2023 yang sedianya dihelat Juli mendatang.

Pemain tersebut ialah Ricky Ricardo Cawor yang didatangkan dari Persipura Jayapura.

Pencetak gol terbanyak PON XX Papua 2021 lalu itu memutuskan hengkang ke Persija, setelah Persipura terdegradasi ke Liga 2.

Sebelum diumumkan Persija, nama Ricky Cawor sendiri memang sudah digosipkan bakal merapat ke klub berjuluk Macan Kemayoran.

Bahkan suporter Persija, The Jak Mania juga sudah menyerbu akun Instagram Ricky Cawor untuk menyambut kedatangan striker kelahiran Merauke, 26 Januari 1998.

Harapan The Jak Mania untuk menyaksikan Ricky Cawor mengenakan jersei oranye kebanggan Persija akhirnya terjawab.

Melalui akun Instagram resmi (@persija), pihak klub mengumumkan Ricky Cawor sebagai penggawa anyar.

“Dari Merauke, untuk Jakarta. Selamat datang di keluarga Persija, Ricky Ricardo Cawor!” tulis keterangan dalam postingan tersebut, Jum’at (13/5/2022) malam.

Menariknya, ada sosok Eduard Ivakdalam di balik kepindahan Ricky Cawor ke klub jawara Liga 1 2019 itu.

Ricky Cawor mengatakan, Eduard Ivakdalam sangat mendukung atas keputusannya untuk meninggalkan Persipura dan pindah ke Persija.

“Saya bilang ke Coach Eduard Ivakdalam, pelatih saya di PON Papua. Dia mendukung saya. Dia bilang tim di sana bagus. Jadi saya akhirnya berminat bergabung,” kata Ricky Cawor yang dikutip Tribun-Papua.com dari laman Persija.id.

Oleh sebab itu, dirinya langsung memutuskan menerima lamaran bermain di Persija.

Kendati demikian, Ricky Cawor tak menampik adanya ketertarikan dari klub-klub lain yang ingin menggunakan tenaganya.

Meski begitu, ia tetap keukeuh terhadap pilihannya untuk bergabung bersama Persija, lantaran telah dianggap sebagai tim besar di Indonesia.

“Tapi saya lihat Persija lebih baik. Persija adalah tim besar dan membuat saya tertantang menjadi bagian dari klub ini,”ujarnya.

Ricky Cawor sendiri juga tidak pernah membayangkan sebelumnya bakal bermain bagi klub asal Ibu Kota.

“Padahal, saya tidak pernah terbayangkan bisa bergabung dengan tim besar seperti Persija. Ini mimpi yang terwujud,” tambah dia