Komposisi Kiper Komplet, Persis Resmi Gaet Riyandi dan Gianluca Pandeynuwu

Persis Solo pastikan sudah komplet komposisi kiper untuk musim ini. Yang mana dua kiper baru resmi diumumkan sebagai bagian dari skuad Persis di Liga 1 2022 musim ini. Ya jika sebelumnya sudah mengumumkan kiper Timnas asal Barito Putera M. Riyandi resmi direkrut. Kali ini kiper baru kedua juga resmi bergabung. Dia adalah kiper utama Borneo FC musim lalu, yakni Gianluca Pandeynuwu.

Potensinya bersama Borneo FC musim lalu, jadi catatan besar Persis untuk merekrutnya. Dimana Gianluca musim lalu berhasil mencatatkan nirbobol sebanyak 7 pertandingan.

Gianluca mengaku sangat senang bisa bergabung menjadi bagian dari skuad Persis musim ini, “Pasti bangga dan senang bisa masuk ke salah satu klub legendaris di Indonesia. Bangga sekali pokoknya ya,” ungkapnya.

Anak dari legenda sepak bola Manado, Hendra Pandeynuwu tersebut menantikan kehangatan dari dukungan suporter Persis. Menurut Gianluca keseriusan Persis menghadapi Liga 1 mendatang harus diperhatikan kontestan lainnya agar tidak diremehkan meski berstatus klub promosi.

“Pernah punya pengalaman menghadapi Persis pada tahun 2017 di Manahan. Waktu itu benar-benar ngerasain hangatnya dukungan dari suporter. Dan baru juara Liga 2 musim lalu, tentunya Persis merupakan kontestan yang sangat serius menghadapi Liga 1 dan harus diperhitungkan oleh klub-klub lainnya,” ujarnya

Persis memang jadi debutan di kasta tertinggi musim ini, namun dengan status sebagai juara Liga 2, tentu Persis memiliki sebuah peringatan besar untuk calon kompetitornya di kompetisi Liga 1 musim ini.

“Harapannya tentu bisa mendapat prestasi di Persis dan bersaing di papan atas Liga 1 dan bisa meraih prestasi di kompetisi lainnya yang akan dijalani. Persis juga punya perpaduan rata-rata umur pemain muda dan senior yang cukup matang, semoga saja kita bisa menunjukkannya di Liga 1 dan dapat diperhitungkan oleh tim lainnya,” pungkas kiper berusia 24 tahun tersebut.

Di lain sisi hadirnya Riyandi dan Gianluca ternyata untuk menggantikan posisi kiper utama Persis musim lalu yang harus kembali ke klub lamanya. Ya, Persis sejak awal musim meminjam Wahyu Tri Nugroho dari Bhayangkara FC, ditambah sejak babak 8 besar Liga 2 2021, Persis meminjam Harlan Suardi dari Persijap Jepara. Usai Liga 2 berakhir, dua pemain pinjaman tersebut kembali ke klub aslinya. Persis memutuskan untuk merekrut kiper baru musim ini, yang kualitasnya tentu sangatlah baik.

Sebelumnya tiga pemain musim lalu sudah diumumkan tetap jadi bagian dari tim. Mulai dari Nuri Agus, Pancar Nur, hingga M. Fahri. Itu artinya saat ini tim utama Persis Solo sudah memiliki lima kiper.

Di lain sisi, apakah komposisi kiper musim ini fix yang akan didaftarkan ke panpel Liga 1 adalah lima nama diatas? Bisa saja iya, bisa juga tidak. Ya, Persis punya wacana untuk meminjamkan beberapa pemain potensialnya musim ini ke beberapa klub agar bisa lebih berkembang.

Soal apakah pemain yang akan dipinjamkan salah satu diantaranya berposisi sebagai kiper, tentu hanya manajemen yang paham soal wacana tersebut.

Di lain sisi, bisa jadi ada kiper dari Persis Youth yang akan dipromosikan ke tim senior. Baik itu Erlangga Setyo maupun Dimas Maulana. Seperti diketahui, Persis punya dua kiper di Persis Youth, yang labelnya adalah dua kiper utama Timnas U-19. bahkan keduanya akan menjalani pemanasan di turnamen Toulon di Prancis dalam waktu dekat, yang gongnya adalah terjun di ajang Piala Dunia U-20 2023 mendatang di Indonesia. (nik/dam/radar solo)