Termasuk Asnawi Mangkualam, 3 Pemain Timnas Indonesia U-23 yang Harus Tingkatkan Performa Setelah Kemenangan 4-0 atas Timnas Filipina U-23

Kemenangan besar 4-0 berhasil diraih Timnas Indonesia U-23 saat menghadapi Timnas Filipina U-23 dalam lanjutan fase grup SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Jumat (13/5/2022) sore WIB.

Secara keseluruhan penampilan skuad Garuda Muda mengalami perbaikan dibandingkan dua laga sebelumnya. Apalagi jika dibandingkan saat mereka kalah 0-3 dari Vietnam U-23.

Namun, ada beberapa pemain Timnas Indonesia U-23 yang dinilai masih harus meningkatkan performanya. Pemain pertama yang harus melakukan itu adalah Asnawi Mangkualam.

Asnawi memang cukup kokoh dalam membantu pertahanan dari serangan para pemain Filipina. Namun, pemain Ansan Greeners itu tidak terlalu efektif ketika membantu serangan.

Asnawi juga tampak tidak terlalu berani berduel. Efek cedera yang sebelumnya ia alami bersama Ansan Greeners sepertinya masih terasa.

Shin Tae-yong kemudian tidak terlalu mau ambil resiko. Ia menarik keluar Asnawi dan memasukkan Ilham Rio Fahmi di pertengahan babak kedua.

Irfan Jauhari

Irfan yang dalam dua laga sebelumnya selalu menjadi starter tidak mendapatkan tanggung jawab itu di laga melawan Filipina U-23.

Ia baru masuk di awal babak kedua. Menggantikan posisi Muhammad Ridwan yang kali ini dipasang sejak awal laga.

Irfan tampil lumayan apik di babak kedua. Pemain Persis Solo ini memberikan assist untuk gol yang dicetak Egy Maulana Vikri.

Meski demikian, Irfan Jauhari harus terus meningkatkan level performanya. Apalagi Muhammad Ridwan yang jadi salah satu pesaing sudah bisa mencetak gol di SEA Games tahun ini sementara ia belum bisa.

Syahrian Abimanyu

Syahrian Abimanyu sebenarnya tampil tidak buruk saat menghadapi Timnas Filipina U-23. Ia sempat memberikan satu assist untuk gol dari Rizky Ridho di babak pertama.

Perannya sebagai salah satu eksekutor bola mati Garuda Muda juga cukup baik. Namun, peran Abimanyu dalam open play masih harus terus ditingkatkan.

Ia harus lebih jeli dan berani membangun serangan dengan melakukan kombinasi dengan gelandang maupun winger Timnas Indonesia U-23.

Di laga melawan Filipina U-23, Abi tidak bermain penuh. Di awal babak kedua, Marselino Ferdinan masuk untuk menggantikan posisinya.