Kebugaran Jadi Penyebab Kekalahan Filipina Dari Timnas Indonesia U-23

Pelatih Filipina Norman Fegidero mengakui tim besutannya mengalami kelelahan luar biasa, sehingga dikalahkan timnas Indonesia U-23 dengan skor telak 4-0 di Stadion Viet Tri, Jumat (13/5) sore WIB, pada pertandingan Grup A SEA Games 2021.

Filipina mengawali SEA Games dengan hasil meyakinkan, yakni menggasak Timor Leste 4-0, dan menahan tuan rumah Vietnam tanpa gol. Selanjutnya, mereka dikalahkan Myanmar 3-2 sebelum akhirnya dipermak timnas U-23.

Fegidero mengutarakan, jadwal pertandingan yang padat membuat anak asuhnya mengalami kelelahan. Duel melawan timnas U-23 merupakan puncak kelelahan para pemain. Kendati demikian, Fegidero memberikan apresiasi kepada pemain.

“Dalam pertandingan melawan Indonesia, performa pemain kami mengalami penurunan, sehingga kami tidak bisa memperlihatkan permainan seperti sebelumnya. Ini merupakan pertandingan keempat kami dalam tujuh hari,” ujar Fegidero dikutip laman Zing.

“Walau pemain kami sangat kelelahan, mereka masih bertarung dengan penuh semangat. Sayangnya, hasil yang kami raih tiak memuaskan.”

Selain itu, Fegidero juga mengalami kesulitan untuk mendatangkan pemain yang berada di luar Filipina. Kesempatannya untuk memantau pemain di kompetisi domestik juga tidak maksimal.

“Liga Filipina baru berjalan tiga bulan lalu, jadi saya tidak punya banyak waktu untuk melakukan persiapan sebelum mengikuti ke SEA Games,” kata Fegidero.

“Kami juga ingin memanggil pemain yang berada di luar negeri untuk menambah kekuatan pemain lokal. Tapi sulit bagi saya untuk mengumpulkan pemain yang lebih berkualitas, dan membentuk tim yang benar-benar kompetitif dengan situasi seperti ini.”

Kekalahan dari timnas U-23 membuat Filipina dipastikan tersingkir dari perebutan tiket ke semi-final. Mereka kini menduduki peringkat keempat di bawah Vietnam, Indonesia, dan Myanmar.

Melihat sepak terjang Vietnam dan Indonesia, Fegidero memperkirakan kedua negara itu bakal lolos ke semi-final. Timnas U-23 masih menjalani satu pertandingan melawan Myanmar, sedangkan Vietnam meladeni juru kunci Timor Leste.

“Kami sudah kehilangan peluang [lolos ke semi-final]. Saya prediksikan Indonesia dan Vietnam akan menjadi wakil Grup A yang melaju ke semi-final,” kata Fegidero.