Indonesia Vs Filipina: STY Puji Ricky Kambuaya, Ungkap Alasan Pasang Muhammad Ridwan

Pelatih timnas U23 Indonesia, Shin Tae-yong, memuji kinerja anak asuhnya setelah mengalahkan Filipina pada lanjutan Grup A SEA Games 2021, Jumat (13/5/2022) malam WIB.

Adapun laga timnas Indonesia vs Filipina yang digelar di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, berkesudahan 4-0 untuk kemenangan Garuda Muda.

Garuda Muda berjaya berkat gol-gol dari Muhammad Ridwan (18′), Rizky Ridho (44′), Egy Maulana Vikri (75′), dan penalti Marselino Ferdinan (85′).

Dalam jumpa pers setelah pertandingan, pelatih Shin Tae-yong mengungkapkan kepuasannya.

Dia memuji kinerja Garuda Muda, tapi ada satu nama yang disebut STY tampil sangat bagus. Dia adalah sang gelandang senior Ricky Kambuaya.

“Ricky bermain sangat bagus hari ini. Dari tiga pertandingan terakhir, ini permainan terbaiknya,” kata Shin Tae-yong dikutip dari kantor berita vietnam, TTXVN.

Ricky Kambuaya memang tampil impresif sepanjang laga. Meski tak mencetak gol, pemain Persib Bandung itu luar biasa dalam mengontrol lini tengah Garuda.

Sementara itu, Shin Tae-yong mengungkap alasan memasukkan Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh pada babak kedua.

“Alasan saya memasukkan Marselino dan Ronaldo pada babak kedua adalah karena saya ingin mereka memiliki lebih banyak kesempatan,” tutur Shin Tae-yong.

“Keduanya masih muda. Saya ingin mereka memiliki lebih banyak kesempatan bermain untuk mengembangkan sepak bola Indonesia,” ucapnya.

Alasan serupa juga diutarakan STY kala memainkan Muhammad Ridwan yang baru pertama kali tampil di SEA Games 2021.

Saat melawan Filipina, pelatih asal Korea Selatan itu menurunkan Ridwan sebagai starter.

Garuda Muda pun untuk pertama kalinya tampil dengan striker murni sejak awal laga di SEA Games 2021.

Ridwan yang memiliki postur 184 cm ini kemudian digantikan Irfan Jauhari pada awal babak kedua.

“Muhammad Ridwan tidak bermain bagus pada laga-laga sebelumnya, tetapi saya tetap membiarkannya bermain,” ujar STY.

“Saya ingin dia memiliki lebih banyak kesempatan untuk tampil. Tujuan kami mencapai final, tidak hanya berhenti pada babak penyisihan grup,” tuturnya.

“Saya berharap Ridwan punya lebih banyak waktu untuk menyesuaikan diri. Pada saat yang sama, ini juga memberi Ridwan motivasi lebih untuk bersaing,” tandas eks juru taktik timnas Korea Selatan itu.

Berkat kemenangan atas Filipina, Indonesia kini menduduki posisi kedua di klasemen Grup A SEA Games 2021 dengan raihan enam poin.

Poin Garuda Muda serupa dengan Myanmar yang duduk peringkat ketiga, tapi tim Merah Putih unggul selisih gol.

Adapun Vietnam menguasai puncak klasemen Grup A (7 poin). Sementara, Filipina sudah dipastikan tersingkir dari SEA Games (4 poin) karena tidak menyisakan pertandingan lagi.

Pada laga pamungkas Grup A, Indonesia akan bertanding dengan Myanmar di Stadion Viet Tri, Minggu (15/5/2022).