Filosofi Shin Tae-yong di Balik 6 Sumber Gol Timnas Indonesia

Pelatih timnas U23 Indonesia, Shin Tae-yong, menjelaskan strateginya seusai berhasil menumbangkan timnas Filipina dalam partai ketiga Grup A SEA Games 2021.

Laga timnas Indonesia vs Filipina dalam jadwal SEA Games 2021 dihelat di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, pada Jumat (13/5/2022) sore WIB.

Pada pertandingan tersebut, timnas U23 Indonesia berhasil menjungkalkan Filipina dengan skor telak empat gol tanpa balas.

Muhammad Ridwan (18’), Rizky Ridho (44’), Egy Maulana Vikri (75’), dan Marselino Ferdinan (85’ penalti) menjadi empat nama yang menjadi pemicu gol timnas U23 Indonesia.

Kemunculan nama bek tengah, Rizky Ridho, di daftar pencetak gol Indonesia kontra Filipina menegaskan filosofi sepak bola kolektif ala Shin Tae-yong.

Sebelumnya, kala melibas Timor Leste 4-1, Indonesia asuhan Shin Tae-yong juga menuai gol dari kontribusi pemain belakang, yakni Fachruddin Aryanto.

Total delapan gol telah disarangkan Indonesia ke gawang musuh selama SEA Games 2021. Gol-gol tersebut bersumber dari enam nama yakni Egy Maulana Vikri (2 gol), Witan Sulaeman (2), Fachruddin Aryanto (1), Muhammad Ridwan (1), Rizky Ridho (1), dan Marselino Ferdinan (1).

Shin Tae-yong memang menghendaki timnas U23 Indonesia bermain kolektif guna menangkal perlawanan lawan.

“Permainan sepak bola yang saya inginkan memang mengandalkan semua pemain. Jadi, tidak harus mengandalkan penyerang untuk mencetak gol,” ujar Shin Tae-yong dilansir dari laman resmi PSSI.

“Bek pun tidak hanya bertahan dan striker menyerang saja. Semua posisi bisa mencetak gol,” kata dia lagi.

Suksesnya skema permainan pada laga melawan timnas Filipina membuat Shin Tae-yong memberikan apresiasi khusus kepada para pemain.

Shin Tae-yong mengatakan bahwa para pemain telah menunjukkan penampilan terbaiknya selama pertandingan berlangsung.

Kini, kata Shin Tae-yong, timnas U23 Indonesia tengah mengalihkan fokus untuk melakoni pertandingan pamungkas melawan Myanmar.

Adapun pertandingan timnas U23 Indonesia vs Myanmar bakal dijadwalkan berlangsung di Stadion Viet Tri pada Minggu (15/3/2022) sore WIB.

“Pemain telah bekerja keras pada pertandingan ini,” demikian apresiasi Shin Tae-yong kepada para pemain timnas Indonesia.

“Selanjutnya kami fokus melawan Myanmar, kami tentu ingin meraih kemenangan dan lolos ke final,” ujar dia lagi. (Kompas)